Trakindo Goes to Campus di Polibatam, Bantu Mahasiswa Berkarier di Sektor Industri

Senin, 10 Januari 2022 - 11:12 WIB
loading...
Trakindo Goes to Campus di Polibatam, Bantu Mahasiswa Berkarier di Sektor Industri
Trakindo-Polibatan kolaborasi meningkatkan kontribusinya bagi dunia pendidikan dengan menggelar program Trakindo Goes to Campus (TGTC). Foto/DOk/Polibatam
A A A
JAKARTA - PT Trakindo Utama ( Trakindo )-Politeknik Negeri Batam (Polibatam) kolaborasiuntuk meningkatkan kontribusinya bagi dunia pendidikan di Indonesia dengan menggelar program Trakindo Goes to Campus (TGTC). Ini merupakan progarm TGTC yang ketiga di 2021 dan segera terlaksana kembali pada 2022 dengan menggandeng kampus-kampus teknologi di Indonesia.

Dengan format webinar bagi mahasiswa-mahasiswi Polibatam , Trakindo berbagi keahlian dan pengalaman di industri alat berat kepada para peserta, khususnya pascapandemi, sambil sekaligus memberi pembekalan dalam mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sektor industri di masa pemulihan ekonomi ini.



Tema TGTC kali ini adalah “Prospek Karier Industri Alat Berat Pasca COVID-19 di Era Pemulihan Ekonomi”. Kegiatan ini diikuti sekitar 180 mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin
khususnya Program Studi Diploma 3 Teknik Elektronika, Diploma 4 Teknik Mekatronika, Diploma 3 Teknik Elektronika Manufaktur, Diploma 3 Teknik Instrumentasi, Diploma 4 Teknik Robotika, Diploma 4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi dan Diploma 3 Teknik Mesin serta dihadiri juga oleh sejumlah staf pengajar Polibatam.

Gemilang Adi Perdana, HR Manager-Central Services Trakindo, yang tampil interaktif mencoba memberi gambaran kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di Trakindo. “Pascapandemi ini ada pekerjaan besar yang harus kita lakukan secara nasional yaitu melanjutkan pembangunan infrastruktur penting, memperkuat ekonomi
lokal, memenuhi permintaan energi—dan pekerjaan itu membutuhkan peran dan kontribusi industri alat berat yang dijalankan Trakindo. Untuk menjalankan peran itu dengan optimal, dibutuhkan talenta-talenta terbaik dari seluruh Indonesia,” papar Gemilang.

Pada acara ini, Trakindo berbagi mulai dari kebutuhan hingga keahlian apa saja yang diperlukan, dan cara-cara menghadapi tantangan di tengah kemajuan teknologi yang begitu pesat. Hal ini diharapkan bisa mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan zaman, serta menambah wawasan mereka.



“Trakindo menyambut anak-anak muda Indonesia yang siap menjadi pionir, inovator, juara kemajuan untuk bergabung bersama kami, untuk maju ke depan, membangun negara dan membesarkan bangsa,” ungkap Gemilang Adi Perdana.

Lebih jauh, Gemilang Adi Perdana juga menjelaskan bahwa bagi Trakindo, SDM merupakan salah satu elemen kunci yang sangat mempengaruhi kinerja usaha. Untuk itu, Trakindo tidak hanya berfokus pada peningkatan kompetensi, namun juga penguatan pendidikan karakter. Trakindo berharap di masa depan,
kampus selalu melahirkan generasi-generasi yang adaptif yang mampu menjadi penerus di bidang teknologi.

Dalam paparannya, Eka Mutia Lubis S.Pd., M.Pd, Staf Pengajar Teknik Elektro Polibatam berpesan kepada mahasiswa-mahasiswi untuk memanfaatkan momen webinar untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya. “Sektor industri memiliki standar yang terus berkembang, sehingga mahasiswa perlu beradaptasi dan mempersiapkan diri untuk menjawab kebutuhan sektor industri,” ungkap Eka Mutia Lubis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)