Fakultas Psikologi UGM Beri Rekomendasi Mitigasi Pandemi Covid-19

Selasa, 11 Januari 2022 - 15:02 WIB
loading...
Fakultas Psikologi UGM Beri Rekomendasi Mitigasi Pandemi Covid-19
Fakultas Psikologi UGM beri rekomendasi mitigasi pandemi Covid-19, salah satunya terkait pembelajaran tatap muka. Foto/Dok MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) merumuskan rekomendasi kebijakan mitigasi pandemi Covid-19 . Rekomendasi kebijakan ini disusun dalam sebuah policy brief

Latar belakang keluarnya rekomendasi ini tak terlepas dari pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air selama 2 tahun terakhir yang berdampak ke semua lini. Begitu pandemi melanda, pemerintah pun membuat terobosan seperti kebijakan terkait kenormalan baru melalui berbagai regulasi. Meski membawa angin segar untuk meredakan kasus Covid-19 namun ada sejumlah dampak negatif dari kenormalan baru itu.

Beberapa studi menunjukkan dampak negatif ini melahirkan perilaku individu yang tidak sehat, seperti kecemasan, kemarahan, kesedihan, efikasi diri lemah, mudah tersulut emosi, kecanduan gadget semakin marak, dan lain-lain.



"Perilaku ini terjadi tidak hanya terjadi di lingkungan kecil keluarga dan interaksi personal, namun juga mencakup komunitas yang lebih besar seperti tempat kerja, sekolah, dan masyarakat umum," ungkap Dosen Fakultas Psikologi UGM Diana Setiyawati, dilansir dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Selasa (11/1/2022).

Diana mengatakan, belajar dari pandemi flu Spanyol, bayi-bayi yang dikandung dan dilahirkan pada masa pandemi ditemukan mengalami risiko kesehatan dan disabilitas yang lebih tinggi. Sebab, bayi-bayi tersebut melalui tahap perkembangan krusialnya ketika sistem kesehatan sedang difokuskan pada penanggulangan pandemi. Kondisi tersebut berimbas pada kurangnya perhatian terhadap aspek kesehatan dan sektor kehidupan lainnya.

Oleh karenanya, dalam situasi ini kajian psikologi menjadi penting untuk dilakukan secara mendalam dan cermat untuk memberikan masukan analisis situasi dan mitigasi dampak jangka menengah dan jangka panjang pandemi Covid-19.

Sebagai langkah antisipasi, Diana dan tim dari Fakultas Psikologi UGM yaitu Indrayanti, Elga Andriana, Hanifah Nurul Fatimah, Haiyun Nisa, Harlina Nurtjahyanti, dan Annisa Reginasari merumuskan rekomendasi kebijakan dalam sebuah policy brief.

Diana menyampaikan, policy brief tersebut disusun dalam rangka peringatan ulang tahun ke-57 Fakultas Psikologi UGM untuk mendukung upaya mitigasi dampak menengah dan panjang dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Rekomendasi disusun menggunakan pendekatan rentang perkembangan manusia yang berinteraksi dengan tiga sektor penting dalam sistem sosial yaitu keluarga, sekolah, dan tempat kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2644 seconds (0.1#10.140)