Kriminologi, Jurusan Kuliah Langka dengan Peluang Kerja Luas

Rabu, 12 Januari 2022 - 15:04 WIB
loading...
Kriminologi, Jurusan Kuliah Langka dengan Peluang Kerja Luas
Jurusan Kriminologi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kriminologi masih terhitung sebagai jurusan kuliah yang kurang populer. Di sisi lain angka kriminalitas di Indonesia terus meningkat. Keadaan ini pun membuat prospek kerja Kriminologi cukup menjanjikan di masa depan.

Kriminologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejahatan dan penyebabnya di masyarakat. Alih-alih ilmu sains, Kriminologi adalah ilmu sosial yang berfokus pada penelitian tentang jenis, penyebab, hingga pengendalian kejahatan. Dalam Kriminologi ada Ilmu Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Biologi, Sejarah, Geografi, Politik, Filsafat, Psikologi, dan Psikiatri.



Selain itu, teknik-teknik penyelidikan tindak kriminal juga dipelajari di Jurusan Kriminologi . Selain penelitian sosial, mahasiswa Jurusan Kriminologi juga belajar tentang rekam sidik jari, reka ulang perkara, olah TKP, bahkan jejak darah.

Namun yang lebih penting, kuliah Jurusan Kriminologi membuat kita belajar tentang kejahatan dan bagaimana mengendalikannya berdasarkan pada penelitian empiris.

Pemahaman, penjelasan, perkiraan, pencegahan, hingga kebijakan peradilan pidana tentang kejahatan diperoleh dari penelitian kriminologi.



Apa saja yang dipelajari saat kuliah Jurusan Kriminologi? Melansir laman akupintar.id, berikut ini beberapa mata kuliah yang ditemui mahasiswa Jurusan Kriminologi yaitu:
- Sistem Peradilan Pidana
- Strategi Pencegahan Kejahatan
- Etnografi Kejahatan di Indonesia
- Kenakalan Anak
- Kejahatan Terencana
- Kejahatan Lingkungan
- Manajemen Industrial Sekuriti
- Jurnalistik Investigasi
- Psikologi Kriminal
- Analisis Risiko Kejahatan
- Bisnis dan Kejahatan White-Collar
- Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Kriminologi
- Pengendalian Sosial Kejahatan
- Sosiologi Peradilan Pidana, dll

Di Indonesia, tercatat masih belum banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan Kriminologi ini. Diketahui, ada 3 universitas yang membuka jurusan Kriminologi di Indonesia.

1. Universitas Indonesia
Jurusan Kriminologi UI menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan Kriminologi UI adalah yang pertama ada di Indonesia. Tiga konsentrasi atau peminatan yang ditawarkan oleh Jurusan Kriminologi UI, yaitu:
- Penegakan Hukum
- Jurnalistik
- Kejahatan Transnasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4588 seconds (0.1#10.140)