Ini Cara Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Flip PDF Professional

Rabu, 12 Januari 2022 - 23:07 WIB
loading...
Ini Cara Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Flip PDF Professional
Kegiatan Pengmas Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Flip PDF Professional. Foto/Dok/UMB
A A A
JAKARTA - Bahan ajar merupakan seperangkat materi atau substansi pelajaran (teaching material) yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Penelitian membuktikan bahwa cara yang efektif untuk membantu agar informasi ilmiah dapat lebih mudah dipahami ialah melalui penjelasan informasi secara visualisasi dalam format multimedia .



Bahan ajar multimedia adalah media pembelajaran yang berbasis teknologi multimedia. Bahan ajar berbasis multimedia paling sederhana dan banyak dipakai adalah bahan presentasi menggunakan power point.

Bahan ajar ini kemudian dikemas dalam bentuk file dan digunakan oleh peserta didik secara berulang-ulang secara individual atau kelompok hingga materi dapat dipahami. Peserta didik dapat melakukan evaluasi terhadap pencapaian belajar melalui kuis atau latihan yang disediakan.

Fasilkom Universitas Mercu Buana (UMB) yang diwakili oleh Bidang Studi Sistem Informasi bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan pembuatan bahan ajar multimedia.



Kegiatan diberikan dalam bentuk pelatihan dan sosialiasi dengan tujuan penguasaan fasilitas yang ditawarkan oleh perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Melalui kegiatan ini diharapkan para guru dapat membuat bahan ajar multimedia secara mandiri.

Dekan Fasilkom Yaya Sudarya, PhD dalam sambutannya mengatakan pentingnya penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada proses belajar dan mengajar di masa kini. "Di era serba internet saat ini, penguasaan teknologi informasi sangat penting, apalagi dalam proses belajar dan mengajar saat ini, sudah menjadi keharusan," terangnya dalam keterangan pers, Rabu (12/1/2021).

Senada juga disampaikan Perwakilan P2KPTK2 Jakarta Barat Riza Manfaluthi. Dalam sambutannya mengatakan bahwa penguasaan pembuatan bahan ajar multimedia sangat penting untuk meningkatkan kompetensi tenaga pengajar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)