9 Cara Kenali Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Selasa, 18 Januari 2022 - 12:27 WIB
loading...
A A A
Contohnya, kamu menjadi orang yang selalu diandalkan di rumah untuk membetulkan sesuatu atau paling jago dalam menemukan resep-resep masakan baru. Ini bisa menjadi arahan atas bakat yang ada di dalam dirimu.



7. Gali passion dari rasa iri
Rasa iri tidak selalu buruk kok. Seorang Certified Career and Life Coach, Allison Tash mengatakan bahwa dirinya kadang mengidentifikasi rasa cemburu kliennya pada seseorang untuk menemukan passion atau apa yang mereka inginkan.

Allison juga mengusulkan untuk kita menemukan setidaknya tiga hingga lima orang yang membuat kita “iri”. Kemudian, gali lebih dalam untuk menemukan aspek apa dalam hidup mereka yang membuat kita juga ingin meraihnya.

8. Siapa role model-mu?
Cobalah untuk menemukan setidaknya tiga orang role model atau panutan dalam hidupmu. Kemudian, pikirkan secara spesifik mengenai masing-masing hal dari mereka yang membuat kamu terinspirasi.

Misalnya, karena pencapaiannya, kecerdasannya, inovasi yang dibuatnya, atau yang lainnya. Hal ini akan membantu kamu mengetahui nilai-nilai atau kelebihan yang kamu miliki, yang nantinya juga akan menjadi bagian dari apa minat kamu sebenarnya.

9. Tanyakan pada orang terdekat
Kadang orang terdekat lebih mengetahui diri kita dibandingkan diri kita sendiri. Coba deh tanyakan, apa yang membuatmu spesial di mata mereka? Bisa itu kepada sahabat, ataupun keluarga.

Setelah itu, evaluasi apakah kelebihan kamu tersebut memang sudah ada sejak dulu pada kepribadianmu atau masih terus berkembang. Cocokkan dengan jawaban pada poin sebelumnya untuk mengetahui secara pasti apa minat dan bakatmu.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)