7 Tips Jitu Belajar Bahasa Asing yang Efektif

Selasa, 18 Januari 2022 - 15:41 WIB
loading...
7 Tips Jitu Belajar Bahasa Asing yang Efektif
Mempelajari bahasa asing. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Di zaman globalisasi seperti saat ini memiliki kemampuan berbahasa asing menjadi satu modal tersendiri yang harus dikuasai. Terutama bagi orang yang bercita-cita kuliah atau pun bekerja di luar negeri.

Namun karena tidak terbiasa untuk mempraktekannya bahasa asing tersebut dalam kehidupan sehari-hari, kadang membuat kita kesulitan untuk mempelajari bahasa tersebut.



Lalu bagaimana strategi untuk mempelajari bahasa asing dengan mudah? Mengutip dari instagram Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Selasa (18/1/2022) berikut ini 7 cara jitu untuk belajar bahasa asing.

1. Tata Bahasa
Kalian harus tahu tata bahasa paling dasar dari bahasa yang akan dipelajari. Hal ini penting karena tidak semua bahasa memiliki struktur kalimat yang sama dengan bahasa Indonesia. Dengan menguasai tata bahasa maka akan bisa lebih mudah mengartikan dan membuat sebuah kalimat padu.

2. Kosa Kata
Untuk menghafal kosa kata, sebaiknya mulai dengan benda dan kegiatan yang ada di sekitar. Seperti alat tulis, pakaian, kegiatan sehari-hari, tempat yang sering dikunjungi dan keterangan waktu.



3. Praktik
Belajar teori dan hafalan kosa kata tidaklah cukup. Kalian juga harus mencoba mempraktikkan bahasa yang telah atau sedang dipelajari. Ada empat hal yang perlu dilatih, yakni membaca, menulis, mendengar dan mengobrol atau berbicara

4. Praktik membaca
Membaca buku bahasa berbahasa asing bisa menjadi ajang latihan. Jika belum merasa sanggup membaca buku yang tebal, belajarlah lewat buku cerita anak-anak. Agar bisa sekaligus belajar berbicara, cobalah membaca tulisan di buku tersebut keras-keras.

5. Praktik Menulis
Tips ini bisa dilakukan dengan membuat diary dengan menggunakan bahasa asing. Ceritakanlah kegiatan yang dilakukan hari itu. Cara ini juga ampuh untuk menambah kosa kata.

6. Praktik Mendengar
Kalian bisa coba mendengarkan lagi atau menonton video berbahasa asing. Kemudian cobalah untuk memahami kalimat-kalimatnya

7. Praktik Berbicara
Jika memiliki teman native speaker atau teman yang sama-sama sedang belajar bahasa, cobalah mengobrol. Dalam berbicara, janganlah takut salah. Percaya diri menjadi salah satu cara untuk melangkah lebih maju dalam kemampuan berbahasa asing.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)