Kerja Sama dengan Nyalanesia, Disdikpora Tulungagung Gelar Gebyar Literasi

Rabu, 19 Januari 2022 - 12:00 WIB
loading...
Kerja Sama dengan Nyalanesia, Disdikpora Tulungagung Gelar Gebyar Literasi
Disdikpora Kabupaten Tulungagung bersama Nyalanesia menggelar Gebyar Literasi Tulungagung. Program ini memfasilitasi dan mendampingi sekolah di Tulungagung untuk mengembangkan program literasinya. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TULUNGAGUNG - Lebih dari 400 kepala sekolah dan guru dari berbagai sekolah SD dan SMP atau sederajat di Kabupaten Tulungagung mengikuti acara sosialisasi program Gebyar Literasi Tulungagung secara virtual, Selasa (18/1/2022). Gebyar Literasi Tulungagung merupakan program jangka panjang yang akan dilaksanakan selama 3 tahun berdasarkan perjanjian kerja sama antara Disdikpora Tulungagung dan Nyalanesia.

“Pada prinsipnya, kami mendukung program ini untuk Kabupaten Tulungagung menjadi kabupaten literasi," kata Kepala Bidang SD Disdikpora Kabupaten Tulungagung Heri Purnomo dalam acara tersebut.

Gebyar Literasi Tulungagung merupakan program yang memfasilitasi dan mendampingi sekolah di Kabupaten Tulungagung untuk mengembangkan program literasinya selama 3 tahun kemitraan. Melalui program ini, sekolah yang menjadi mitra program akan mendapatkan fasilitas pendampingan, penerbitan buku, serta pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk seluruh siswa dan guru.

"Semoga program ini dapat dilaksanakan dengan predikat sesuai harapan kami dan bapak kepala dinas agar bisa memperoleh rekor MURI ketika mencapai 300 sekolah," ujar Heri.

Dengan menggandeng Nyalanesia, Disdikpora Kabupaten Tulungagung mencanangkan target keikutsertaan 300 sekolah. Program ini didesain untuk memotivasi dan memfasilitasi sekolah mengembangkan program literasinya.

Founder Nyalanesia, Lenang Manggala mengatakan, Gebyar Literasi Tulungagung adalah pengembangan dari Program Banpelis yang diharapkan dapat melahirkan output berupa 1.000 buku terbitan karya siswa dan guru. Nyalanesia akan memberikan pendampingan intensif mulai dari pelatihan, penerbitan, hingga pemberian penghargaan di tingkat daerah dan nasional.

"Program Gebyar Literasi Tulungagung dipersembahkan bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Tulungagung guna menjadi solusi sekaligus wahana untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien, dan penuh suka cita. Mari, menjadi bagian dalam upaya menyalakan masa depan bangsa, katanya.

Saat ini, pendaftaran peserta program Gebyar Literasi Tulungagung ini masih dibuka. Info lengkap dan pendaftaran program ini dapat diakses melalui situs resminya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3622 seconds (0.1#10.140)