Lawan Aksi Teror, Jabar Dorong Aktivasi Kurikulum Terorisme-Radikalisme

Selasa, 25 Januari 2022 - 23:06 WIB
loading...
Lawan Aksi Teror, Jabar Dorong Aktivasi Kurikulum Terorisme-Radikalisme
Pemprov Jabar mendorong aktivasi kurikulum pencegahan terorisme dan radikalisme di seluruh wilayah Jabar. Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat mendorong aktivasi kurikulum pencegahan dan penanggulangan radikalisme dan terorisme di seluruh wilayah Provinsi Jabar.

Diketahui, saat ini, kurikulum pencegahan dan penanggulangan radikalisme dan terorisme tersebut telah diterapkan di Kabupaten Garut yang didorong oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).



Sebagai satu terobosan, kurikulum tersebut diterapkan di sekolah tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud),Taman kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah menengah pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi menilai, kurikulum tersebut penting diterapkan untuk memperkuat jiwa kebangsaan generasi muda di Jabar.

"Saya mengapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dengan diterapkannya kurikulum pencegahan dan penanggulangan radikalisme dan terorisme," ujar Dedi di Bandung, Senin (25/1/2022).



Dedi pun mengapresiasi BNPT yang telah berperan aktif mendorong kegiatan pencegahan terorisme dan radikalisme di Jabar, termasuk upaya peningkatan wawasan kebangsaan lewat sosialisasi sila dan nilai Pancasila melalui permainan anak Panca Main yang diperkenalkan di Jabar, akhir 2021 lalu.

"Mengenai kurikulum pencegahan dan penanggulangan radikalisme dan terorisme ini, saya berharap bisa ditiru oleh kabupaten kota se-Jawa Barat," tegasnya.

Dengan penerapan kurikulum tersebut, Dedi yakin bahwa pemahaman mengenai pencegahan terorisme dan radikalisme di Jabar dapat dilakukan sejak dini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)