Bantu Peternak, Mahasiswa Teknik ITS Kembangkan Aplikasi SITERNAK

Selasa, 25 Januari 2022 - 23:16 WIB
loading...
Bantu Peternak, Mahasiswa Teknik ITS Kembangkan Aplikasi SITERNAK
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Foto/Dok/Humas ITS
A A A
JAKARTA - Tim Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Masyarakat (KKN Abmas) Departemen Teknik Informatika ITS mengembangkan aplikasi SITERNAK untuk membantu peternak di Desa Binaan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar.

Pengembangan aplikasi yang memakan waktu tiga bulan ini dilakukan untuk membantu pencatatan dan pengawasan hewan ternak.



Ketua KKN Abmas ITS Angelita Titiandes Br Silalahi menuturkan, pengembangan aplikasi ini berangkat dari permintaan para peternak. Perbaikan tampilan sistem yang dirasa kurang tepat untuk proses bisnis dan kondisi peternak menjadi fokus utama.

“Jadi kita memperbaiki dan mengembangkan aplikasi SITERNAK ini yang sudah ada sejak tahun 2020 lalu,” jelasnya melansir laman resmi ITS di its.ac.id, Selasa (25/1/2022).

Angel, sapaan akrab gadis ini, memaparkan KKN Abmas ITS ini meliputi beberapa kegiatan. Mulai dari mempersiapkan aplikasi untuk pencatatan data ternak, menyediakan panduan pengoperasian aplikasi bergerak SITERNAK, hingga melakukan pengawasan serta evaluasi pemahaman mitra dan peternak setelah adanya panduan.



Pencatatan data ternak berbasis gawai dikembangkan pada aplikasi ini untuk semakin mempermudah para peternak. Para peternak dapat melakukan pengawasan kesehatan, pembibitan, dan penggemukan hewan ternak secara mandiri hanya melalui ponsel pintar.

“Pengembangan SITERNAK ini memang tujuannya untuk mempermudah peternak mengawasi seluruh hewan ternaknya,” ujarnya.

Selain melakukan pengembangan, tim KKN ini juga mengedukasi para peternak dengan melakukan pelatihan penggunaan aplikasi SITERNAK secara langsung. Mereka membuat panduan pengoperasian aplikasi serta mengajarkan para peternak mengenai penggunaannya.

“Kami tentu juga melakukan pengawasan dan evaluasi pemahaman mitra dan peternak setelah sosialisasi,” tambah Angel.

Ia berharap melalui kegiatan pengembangan aplikasi SITERNAK akan lebih memberikan manfaat bagi para peternak untuk memudahkan pengawasan serta perawatan hewan ternaknya. “Dengan itu juga kami berharap aplikasi ini dapat ikut berkontribusi memajukan sektor peternakan di Indonesia,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)