9 Daftar Menteri Presiden Jokowi dari Lulusan Teknik, Mayoritas UGM dan ITB

Kamis, 27 Januari 2022 - 17:40 WIB
loading...
9 Daftar Menteri Presiden Jokowi dari Lulusan Teknik, Mayoritas UGM dan ITB
Kabinet Indonesia Maju. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lulusan teknik masih menjadi favorit mahasiswa dalam memilih jurusan di berbagai perguruan tinggi. Memang tidak dapat ditampik jika prospek kerja lulusan teknik terbuka lebar di berbagai bidang di dunia kerja dan industri.

Ada dua presiden Indonesia yang menjadi alumni lulusan teknik. Mereka adalah Presiden Soekarno yang tercatat melanjutkan pendidikan tinggi ke echnische Hoogeschool te Bandoeng yang saat ini lebih dikenal dengan nama Institut Teknologi Bandung (ITB).



Presiden Soekarno mengambil jurusan kuliah Waterbowkunde (tata bangunan air). Kemudian Presiden BJ Habibie pun menjadi alumnus kebanggaan ITB dari jurusan Teknik Mesin.

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo ada beberapa menteri lulusan teknik dari berbagai perguruan tinggi. Siapa saja mereka? simak daftarnya yang diambil dari berbagai sumber berikut ini.

1. Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Menko yang menempuh pendidikan di SMA Kolese Kanisius Jakarta ini melanjutkan studinya ke Fakultas Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada pada 1987.



Mantan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2006-2009 ini mendapat gelar MBA dai Monash University Australia pada 1996 dan Master of Management Technology (MMT) dari University of Melbourne, Australia pada 1997.

2. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)