10 Universitas Terbaik di Malaysia Bisa Jadi Rekomendasi Pelajar Indonesia

Kamis, 27 Januari 2022 - 20:06 WIB
loading...
10 Universitas Terbaik di Malaysia Bisa Jadi Rekomendasi Pelajar Indonesia
University of Malaya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Negeri jiran Malaysia memiliki daya tarik tersendiri bagi mahasiswa asing untuk menempuh kuliah di sana. Tidak terkecuali pelajar dari Indonesia pun semakin banyak yang terbang untuk menempuh pendidikan di negeri yang terkenal dengan Menara Petronasnya itu.

Lokasi Malaysia yang masih tetangga dekat dengan Indonesia menjadi salah satu alasan banyak pelajar Indonesia kuliah ke sana. Selain itu, juga kultur dan budaya di Malaysia yang masih seirama dengan Indonesia membuat mahasiswa yang merantau ke sana tidak merasa kangen rumah.



Malaysia juga dikenal dengan biaya studi dan juga biaya hidup yang terjangkau bahkan tidak berbeda jauh seperti di Indonesia. Kondisi ekonomi dan politik yang stabil juga membuat perguruan tinggi Malaysia diburu oleh mahasiswa mancanegara.

Selain itu, negara yang saat ini dipimpin Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob ini juga dikenal dengan mutu pendidikan yang baik dan diakui secara internasional. Berbagai perguruan tinggi Malaysia pun telah terekognisi oleh lembaga pemeringkatan internasional.

Seperti pada pemeringkatan Times Higher Education World University Rangkings (THE WUR) 2022 yang dirilis tahun lalu, sejumlah perguruan tinggi Malaysia berhasil masuk pemeringkatan di antara perguruan tinggi terbaik dunia lainnya.



THE WUR 2022 mengelompokkan kinerja perguruan tinggi dunia menjadi lima kelompok:

1. Teaching (the learning environment)

2. Research (volume, income and reputation)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3985 seconds (0.1#10.140)