Diktiristek Targetkan Pengembangan Talenta Digital Bidang AI di Universitas

Kamis, 27 Januari 2022 - 21:55 WIB
loading...
Diktiristek Targetkan Pengembangan Talenta Digital Bidang AI di Universitas
Ditjen Diktistek melakukan MoU dengan NVIDIA corporation.Foto/Dok/Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi ( Diktiristek ) berupaya untuk mengakselerasi pertumbuhan talenta digital di bidang kecerdasan artifisial atau Artificial Intelligence (AI). Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan jutaan talenta digital Indonesia untuk merespon transformasi digital.

Untuk mewujudkannya, Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek pun menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan NVIDIA Corporation. Adapun lingkup dari kerja sama ini meliputi peningkatan kompetensi sumber daya manusia di perguruan tinggi Indonesia.



Aktivitas yang akan dilakukan adalah pelatihan keterampilan AI bagi dosen dan mahasiswa, pengembangan kurikulum AI di perguruan tinggi, penerjemahan lokakarya dan diskusi penelitian, serta pengembangan dan dukungan ekosistem startup AI.

Plt Dirjen Diktiristek Nizam mengatakan, Ditjen Diktiristek berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidikan tinggi khususnya di bidang teknologi digital.

“Penting bagi kita untuk memastikan generasi muda kita mampu menghadapi era revolusi industri 4.0 ini, terutama dengan kompetensi AI, machine learning, deep learning, dan bidang lain yang dibutuhkan industri ini,” katanya melalui siaran pers, Kamis (27/1/2022).



Nizam pun menyampaikan apresiasi kepada NVIDIA sebagai perusahaan pionir teknologi AI yang telah mendukung pengembangan AI pada pendidikan tinggi Indonesia.

Sebelumnya, NVIDIA juga telah menyediakan dukungan infrastuktur berupa teknologi super komputer sebesar 25 petaFLOPS untuk pengembangan fasilitas DIKTI AI Centre.

Selanjutnya, NVIDIA akan berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan talenta AI di Indonesia melalui pelatihan bagi dosen dan lebih dari 20 ribu mahasiswa dalam lima tahun ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4107 seconds (0.1#10.140)