Hitung Peluang Lolos SNMPTN? Begini Cara Mengukurnya

Jum'at, 28 Januari 2022 - 19:22 WIB
loading...
Hitung Peluang Lolos SNMPTN? Begini Cara Mengukurnya
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rangkaian proses penerimaan mahasiswa baru di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) telah dimulai. Siswa kelas 12 yang ingin mendaftar lewat jalur undangan ini pun perlu memperkirakan bagaimana peluang lolos dengan cara menghitung nilai rapor serta faktor penentu lainnya.

Pada dasarnya, SNMPTN memberikan kesempatan pada siswa kelas 12 yang memiliki prestasi unggul untuk masuk di PTN dan jurusan yang diimpikan. Pemeringkatan siswa kemudian dilakukan sekolah dengan memperhitungkan nilai mata pelajaran per masing-masing jurusan.



Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.



Namun selain rapor, komponen lain seperti sertifikat, portofolio, hingga track record alumni juga menjadi pertimbangan. Melansir dari laman Ruangguru di ruangguru.com, Jumat (28/1/2022), berikut ini gambaran yang perlu diketahui untuk mengukur peluang lolos SNMPTN dengan menghitung nilai rapor dan faktor lainnya berikut ini.

1. Menghitung rata-rata nilai rapor
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)