Tak Mau Gagal di SNMPTN? Ini 9 Kesalahan yang Harus Dihindari

Senin, 24 Januari 2022 - 11:34 WIB
loading...
Tak Mau Gagal di SNMPTN? Ini 9 Kesalahan yang Harus Dihindari
SNMPTN menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru yang ditunggu bagi siswa yang memiliki prestasi. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mendaftar ke Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) tidak hanya sembarang mendaftar. Ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang jika tidak diperhatikan akan menjadi penyebab kegagalan masuk PTN jalur undangan ini.

Bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik baik dan prestasi lainnya, diterima sebagai mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN akan menjadi kebanggaan tersendiri.



Bagaimana tidak, jalur ini merupakan jalur penerimaan pertama yang dibuka LTMPT untuk mahasiswa berprestasi dan tidak perlu juga mengikuti tes tertulis sebagaimana jalur penerimaan lainnya.

Namun, untuk menjamin sukses lulus di jalur ini harus dipersiapkan dengan benar-benar matang dan teliti. Melakukan kesalahan-kesalahan kecil dalam proses pendaftaran pun adalah sesuatu yang wajib dihindari.



Apa saja kesalahan yang harus dihindari itu, simak informasi selengkapnya melansir dari laman Ruangguru di ruangguru.com berikut ini.

1. Kurang teliti mengisi data SNMPTN
Seluruh tahap pendaftaran SNMPTN sangat penting, mulai dari pembuatan akun LTMPT, pengisian PDSS, hingga proses pendaftaran SNMPTN. Sayangnya, masih banyak yang menganggap sepele tahap pengisian data diri ini. Akibatnya, data yang dicantumkan tidak valid.

Tahap pendaftaran SNMPTN dilakukan tidak hanya oleh siswa tetapi juga pihak sekolah. Ini pentingnya koordinasi antara sekolah dan siswa untuk meminimalisir kesalahan.

Sebelum melakukan verifikasi data di laman LTMPT, cek data diri dengan detail mulai dari NISN, NPSN, nilai rapor, dan portofolio, sehingga tidak ada data yang salah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2785 seconds (0.1#10.140)