Begini Cara Kurangi Kecemasan untuk Hadapi PTM dari Akademisi Undip

Senin, 31 Januari 2022 - 19:34 WIB
loading...
Begini Cara Kurangi Kecemasan untuk Hadapi PTM dari Akademisi Undip
Sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolahnya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) tetap digelar meski gelombang Omicron merambah ke beberapa daerah di Indonesia. Hal inipun menimbulkan kecemasan pada orang tua dan siswa sehingga persiapan mental pun perlu dilakukan.

Hal inilah yang melatarbelakangi prodi Pendidikan Dokter Spesialis Psikiatri, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro ( Undip ) bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) Cabang Semarang telah menggelar webinar yang bertajuk Persiapan Mental Menjelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM).



Webinar ini digelar dalam rangka untuk mempersiapkan mental menjelang PTM. Pada webinar kali ini, turut mengundang sebagai pembicara Ketua Program Studi Psikiatri FK Undip dr. Natalia Dewi Wardani, Sp.KJ., dan dr. Titis Hadiati, Sp.KJ.

dr. Natalia Dewi Wardani mengawali webinar dengan persiapan anak dalam menghadapi PTM. Tidak sedikit anak dan orang tua yang khawatir perihal PTM di tengah kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron.

“Hal ini dilatarbelakangi tingkat kepatuhan anak usia di bawah 11 tahun terhadap protokol kesehatan yang masih di bawah 100%.” ucapnya melansir laman resmi Undip di undip.ac.id, Senin (31/1/2022).



Menurut dr. Natalia, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa khawatir dan kecemasan tersebut, yakni dengan memastikan jadwal PTM. Mengurangi ketidakpastian adalah cara yang bagus untuk mengurangi kecemasan bagi anak-anak.

“Untuk anak-anak yang memang ada sedikit kekhawatiran, ini tipsnya, coba untuk menanyakan kepastian jadwal kepada guru. Ini cara yang bagus untuk mengurangi rasa kecemasan bagi anak-anak," katanya.

"Serta diskusikan dengan guru bagaimana jadwal hariannya, bicarakan tentang fleksibilitasnya, dan komunikasikan bagaimana sekolah akan meninjau jadwal PTM untuk melihat apakah itu berhasil atau perlu di ubah," lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)