Ini Bocoran dari Ketua LTMPT Agar Lulus Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Selasa, 01 Februari 2022 - 13:13 WIB
loading...
Ini Bocoran dari Ketua LTMPT Agar Lulus Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) Mochamad Ashari membagikan tips bagi para calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Dalam diskusinya bertema "Kupas Tuntas Seleksi Masuk Kampus Negeri", Ashari mengatakan, supaya para siswa tetap bersikap optimistis maju ke depan.



"Pertama ya mantapkan hati dulu, kunci besarnya ada dua, satu itu belajar dan yang kedua berdoa," kata Ashari yang juga Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ).

"Masa depan masih ada banyak jalan. Sehingga ya kita hadapi seperti sesuatu yang wajar sehingga kita mengerjakan seleksinya itu tanpa beban, hal ini untuk mengeksplor anda supaya potensinya itu betul-betul keluar," imbuhnya.

Ashari juga mengingatkan para calon peserta supaya maksimalkan materi yang dikuasai dan tidak grogi saat pengerjaan.



"Kalau ada yang kemarin soalnya model begini oh ternyata bukan hitung-hitungan yang sangat rumit cuma hanya itung itungan sederhana, itu bisa dilatih. Jadi jangan grogi saat mengerjakan sampai pulpennya gak bisa jalan," ungkapnya.

Pelajari Soal Tahun Lalu

Ashari mengatakan bahwa soal-soal UTBK SBMPTN ciri-cirinya tidak banyak berubah dari yang tahun lalu. "Cirinya tidak banyak berubah, artinya oh, silahkan dicari ada soal soal tahun lalu, tidak banyak berubah," ujar Rektor ITS itu.

Dua Tipe Tes UTBK SBMPTN

Terakhir, Ashari menjelaskan, ada dua tipe tes UTBK SBMPTN yaitu tes potensi dan akademik. "Yang pertama itu tes potensi seperti psikotes, itung-itungan, logika, dan ada satu bentuk tiga dimensi dan tipe berikutnya silahkan anda kunjungi website LTMPT untuk informasinya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3561 seconds (0.1#10.140)