Dear Calon Mahasiswa, Ini 3 Prioritas Menentukan Jurusan Kuliah

Jum'at, 04 Februari 2022 - 18:26 WIB
loading...
Dear Calon Mahasiswa, Ini 3 Prioritas Menentukan Jurusan Kuliah
Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah di depan mata. (ist)
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah di depan mata.

Persaingan di kedua jalur tersebut pun sangat kompetitif sehingga jangan sampai calon mahasiswa masih belum bisa menentukan jurusan kuliah apa yang ingin ditempuh nantinya.

Jurusan kuliah di perguruan tinggi memang banyak macamnya yang bisa dipilih oleh lulusan SMA dan sederajat. Oleh karena itu, tidak sedikit pula siswa yang stres ketika mendapat pertanyaan setelah lulus ingin kuliah dimana.

Maka dari itu, bagi yang belum mantab dan galau dalam memilih jurusan, berikut ini tiga prioritas dalam menentukan jurusan kuliah yang dilansir dari laman Ruangguru di ruangguru.com. Baca: Batas Pengisian PDSS Semakin Dekat, Ditutup 8 Februari .

1. Passion
Mengenali minat dan bakat akan sangat membantu dalam menentukan pilihan jurusan. Selain itu, kamu bisa mengasah bakat dan menjadikannya profesi di masa mendatang. Kuliah sesuai passion akan membuat para mahasiswa baru menikmati perkuliahan. Jika kuliah dinikmati meskipun ada tugas yang menumpuk tetapi semuanya akan dapat diselesaikan dengan baik.
Untuk mencari passion apa yang diinginkan maka bisa mencari tahu diri sendiri ataupun bertanya pada guru bimbingan konseling sehingga mendapat pengarahan akan apa yang diminati.

2. Kampus Favorit
Kuliah di kampus favorit adalah kebanggaan setiap siswa. Banyak siswa yang akhirnya mengabaikan passion hanya untuk mengejar kuliah di kampus favorit sehingga jurusan apa saja akan ditempuh asal dapat diterima di kampus idaman.

Memiliki mimpi untuk kuliah di kampus favorit itu baik, tetapi kemampuan diri juga harus diukur. Jika hanya mengikuti gengsi, bisa saja timbul kekecewaan atas jurusan yang dijalani karena tidak sesuai dengan harapan. Akhirnya merasa salah jurusan dan berbuntut mengikuti ujian masuk kuliah pada tahun berikutnya. Sangat disayangkan, bukan? Baca Juga: Nizam Beberkan Sejumlah Pertimbangan Utama Siswa Bisa Lolos PTN

3. Tujuan Kerja
Tidak sedikit siswa yang melanjutkan studi pendidikan tinggi berdasarkan apa yang dicita-citakan dari awal. Jika calon mahasiswa baru mengalaminya, biasanya menentukan jurusan menjadi lebih mudah karena kamu sudah tahu mau bekerja sebagai apa kelak.

Sebagai contoh, seorang siswi ingin menjadi dokter, lalu ia berusaha agar bisa lolos ujian masuk fakultas kedokteran. Kemungkinan untuk lolos dalam penjaringan penerimaan mahasiswa baru pun akan semakin besar, karena ia sudah tahu tujuan dan cara mencapainya.neneng zubaidah
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2292 seconds (0.1#10.140)