IPB University dan Belanda Bentuk Konsorsium Riset Internasional Baru

Senin, 07 Februari 2022 - 15:02 WIB
loading...
IPB University dan Belanda Bentuk Konsorsium Riset Internasional Baru
IPB University membentuk konsorsium riset internasional baru menggandeng beberapa universitas di Belanda. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - IPB University membentuk konsorsium riset internasional baru bersama Wageningen University and Research (Belanda), Van Hall Larenstein University of Applied Sciences (Belanda) dan Universitas Jambi (Indonesia) melalui Kick-Off Meeting,(25/1).

Konsorsium ini akan melakukan riset bertema “Sustainability of Vegetable Oils to Achieving UN SDG 2030” yang didukung oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Kementerian Luar Negeri Belanda.



Kick-Off Meeting ini dibuka oleh Wakil Rektor bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof Dodik R Nurrochmat.

Sementara itu, Staf Ahli Diplomasi Ekonomi – Kementerian Luar Negeri RI, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi menyampaikan bahwa isu-isu keberlanjutan vegetable oils hingga saat ini masih bias dan menjadi perdebatan dalam komunitas global.

“Sehingga riset kolaboratif antara Wageningen University dan IPB University ini menjadi sangat strategis karena akan mengkaji keterkaitan isu keberlanjutan vegetable oils dengan pencapaian indikator Sustainable Development Goals (SDGs),” ujar Duta Besar Indonesia untuk India dan Bhutan ini ketika mewakili Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar.



Selain itu, acara ini juga dihadiri Duta Besar Belanda untuk Indonesia HE Lambert Grijns. Menurutnya, penting bagi Belanda dan Indonesia untuk bekerja sama dalam melaksanakan studi terkait vegetable oils untuk mencapai SDGs 2030, di mana Belanda adalah importir terbesar kelapa sawit di European Union.

“Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Belanda sangat mendukung riset ini. Terutama untuk menjawab isu-isu strategis terkait dengan vegetable oils mengingat Indonesia merupakan salah satu produsen dengan komoditas kelapa sawit yang terbesar di dunia. Belanda merupakan pasar urutan ke-12 untuk produk vegetable oil asal Indonesia dan pada 2020 proporsi impor Belanda dari Indonesia adalah sekitar 20.8%,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia dan Belanda sadar betul mengenai isu yang menerpa kelapa sawit, khususnya berkaitan dengan isu lingkungan. Melalui studi ini, yang dilakukan dengan menggunakan berbagai macam pendekatan untuk menilai keberlangsungan produksi vegetable oils di negara-negara produsen, harapannya akan mengungkap kebenaran mengenai isu-isu yang diarahkan kepada negera-negara penghasil vegetable oils.

Dalam kesempatan ini juga, tim riset dari Indonesia yang diwakili oleh Prof Suria Darma Tarigan dan Tim Riset dari Belanda yang diwakili oleh Dr Maja Slingerland mempresentasikan berbagai pendekatan berikut kriteria dan indikator untuk mengkaji aspek keberlanjutan komoditas vegetable oils dan kontribusinya dalam pencapaian indikator SDGs.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)