Kisah Menarik Mahasiwa ITB Penerima Beasiswa IISMA di Ceko

Kamis, 10 Februari 2022 - 15:40 WIB
loading...
Kisah Menarik Mahasiwa ITB Penerima Beasiswa IISMA di Ceko
Kisah mahasiwa ITB penerima beasiswa IISMA di Universitas Palacky. Foto/tangkapan layar laman ITB
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Bandung ( ITB ) Angelina Pamela memiliki keinginan menjadi peserta pertukaran pelajar sejak sekolah dasar. Hanya saja, ia tidak memiliki informasi yang cukup mengenai program pertukaran pelajar pada saat ia duduk di bangku SMP dan SMA.

Namun, keinginan Angel kini telah terwujud melalui program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award). Ia berhasil menjadi salah satu penerima beasiswa IISMA untuk Universitas Palacky di Republik Ceko.

IISMA merupakan program beasiswa pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Tujuan dari program ini adalah agar mahasiswa Indonesia berkesempatan untuk belajar kebudayaan di negara lain, sembari mempromosikan budaya Indonesia kepada orang luar negeri.

Baca: Beasiswa S1-S3 di Azerbaijan Dibuka untuk 22 Kampus Pilihan

Untuk mengikuti IISMA, para peserta harus mengumpulkan resume (CV), transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris, serta esai tentang pencapaian yang pernah diraih dan rencana kegiatan berkomunitas di tempat yang dituju.

Kemudian, yang lolos seleksi akan dipanggil untuk wawancara. Salah satu tips seleksi dari Angel adalah untuk meriset tempat yang ingin kita tuju sehingga kita dapat menulis esai dan menjawab pertanyaan wawancara dengan baik.

Angel bercerita bahwa banyak pengalaman yang berkesan saat ia berada di Eropa. Salah satu pengalamannya adalah saat ia, bersama penerima beasiswa IISMA yang lain, memperkenalkan budaya Indonesia kepada teman-teman satu universitasnya dengan mengadakan acara “Djoempa Pemoeda Indonesia”.

“Budayanya beragam, mulai dari masakan, lagu, dan pakaian,” katanya dilansir dari laman resmi ITB di itb.ac.id, Kamis (10/2/2022).

Tidak hanya itu, Angel juga berkesempatan untuk bertemu Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko, Kenssy Dwi Ekaningsih, dalam proses mempersiapkan acara itu.

Baca juga: Beasiswa S1 di Uni Emirat Arab, Cek Infonya Di Sini
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)