18 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Kamis, 10 Februari 2022 - 19:50 WIB
loading...
18 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan Dunia Kerja
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja harus menjadi prioritas ketika calon mahasiswa memutuskan untuk kuliah. Selain mempersiapkan diri untuk kuliah atau pun dunia kerja, penting banget lho cari tahu tentang jurusan yang sesuai passion kalian.

Mencari tahu prospek kerja ke depan tentang jurusan kuliahmu akan membuatmu lebih siap di dunia kerja . Dari sekarang kalian harus mulai menyusun rencana kuliah dan karier kalian sendiri.



Berikut ini 18 jurusan kuliah yang dikumpulkan dari berbagai sumber, yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

1. Jurusan Teknik Informatika
Jurusan yang menjanjikan pertama adalah Jurusan Teknik Informatika. Mahasiswa jurusan ini dibentuk agar menjadi ahli dalam bidang teknologi. Bahkan, di jurusan ini kalian juga akan belajar tentang pemrograman hingga membuat aplikasi. Makanya, lulusan Jurusan Teknik Informatika akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan. Gimana, minat nggak masuk jurusan ini?

2. Jurusan Kedokteran
Selama manusia ada di muka bumi, tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan. Makanya, Jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan dari rumpun Saintek yang banyak diincar oleh anak IPA. Hal ini dikarenakan prospek kerja menjanjikan dari jurusan ini yang akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun. Jadi, jangan ragu untuk pilih jurusan ini kalau kamu jago dalam materi IPA, seperti Biologi, ya.



3. Jurusan Teknik Elektro
Selanjutnya, ada Jurusan Teknik Elektro yang ilmunya memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan peradaban manusia. Yaps, kebutuhan ilmu dari jurusan ini telah terbukti terus dibutuhkan hingga sekarang. Mahasiswanya nggak hanya belajar soal listrik, tetapi juga telekomunikasi. Tanpa adanya lulusan dari jurusan ini, perkembangan teknologi internet dan komunikasi mungkin nggak sebaik sekarang lho.

4. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan
Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang cukup baru di Indonesia. Bahkan, di 2021, hanya Universitas Airlangga yang memiliki jurusan ini. Kelahiran jurusan ini menandakan bahwa mulai dibutuhkannya SDM kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan. Nah, kamu mau jadi salah satu SDM kompeten itu nggak?

5. Jurusan Teknik Mesin
Jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang berkutat pada mesin yang digunakan pada berbagai objek teknologi. Bukan hanya itu, jurusan ini juga akan membuatmu belajar tentang pembuatan dan pengoperasian robot. Tapi untuk masuk ke jurusan ini kalian wajib punya pengetahuan dasar sains, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)