Mendikbudristek: Ini 3 Pilihan Kurikulum yang Bisa Diterapkan di Sekolah

Jum'at, 11 Februari 2022 - 15:10 WIB
loading...
Mendikbudristek: Ini 3 Pilihan Kurikulum yang Bisa Diterapkan di Sekolah
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim jelaskan efektifitas pembelajaran yang bertajuk Kurikulum Merdeka.

Nadiem menjelaskan, penyederhanaan pembelajaran penting untuk mengejar ketertinggalan di kala pandemi Covid-19.



Dalam pemulihan pembelajaran saat ini, satuan pendidikan diberikan kebebasan menentukan tiga kurikulum yang akan dipilih atau tidak dipaksakan," ujar Nadiem, dalam acara Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar, Jumat (11/2/2022).

Pilihan pertama, Kurikulum 2013 secara penuh, pilihan kedua Kurikulum Darurat, yaitu Kurikulum 2013 yang disederhanakan, dan pilihan ketiga adalah Kurikulum Merdeka.

"Pemerintah akan menyiapkan angket untuk membantu satuan pendidikan menilai tahapan kesiapan dirinya menggunakan Kurikulum Merdeka,” katanya.



Lanjutnya, Kurikulum merdeka sebagaimana namanya, akan memberikan kemudahan serta keleluasaan bagi guru dan peserta didik.

"ini adalah struktur kurikulum yang lebih fleksibel, fokus pada materi yang esensial, memberikan keleluasan bagi guru menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik," ucap Nadiem.



Oleh karena itu, Nadiem mengajak kepada masyarakat agar ikut dan berperan aktif dalam menyukseskan kurikulum merdeka.

"Ayo unduh Platform Merdeka Mengajar dan pelajari lebih dalam, serta mengambil peran untuk menyukseskan Kurikulum Merdeka,” ajak Nadiem.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)