Ingin Merdeka dari Matematika? Ini 5 Jurusan yang Bisa Jadi Pilihan

Minggu, 13 Februari 2022 - 14:54 WIB
loading...
Ingin Merdeka dari Matematika? Ini 5 Jurusan yang Bisa Jadi Pilihan
Jurusan hubungan internasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Faktanya, banyak siswa di sekolah yang tidak menyukai pelajaran matematika sehingga ketika ingin mencari jurusan di perguruan tinggi pun mereka akan menghindari jurusan yang ada pelajaran matematikanya. Bagi yang tidak ingin kembali bertemu matematika di perguruan tinggi bisa memilih 5 jurusan ini.

Memang dalam memilih suatu jurusan , pertimbangan pelajaran yang disukai dan tidak disukai di jenjang sekolah bisa menjadi pertimbangan. Sebab hal ini bisa menjadi pemacu semangat untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu.



Lalu bagi yang tidak menyukai matematika, berikut ini 5 jurusan yang bisa menjadi rekomendasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jurusan Ilmu Komunikasi
Jurusan pertama yang bisa dipilih ialah jurusan Ilmu Komunikasi yang termasuk jurusan favorit dan hampir bisa ditemukan di semua perguruan tinggi negeri maupun swasta. Jurusan ini memiliki mata kuliah umum seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi hingga Psikologi Komunikasi.

Mahasiswa bisa mengikuti beragam pelajaran yang seru seperti belajar menulis berita, public speaking, belajar membuat iklan hingga fotografi serta pelajaran yang membutuhkan skill menyampaikan pesan secara efisien kepada sasaran.



2. Jurusan Sastra
Bagi mahasiswa yang memilih jurusan ini bisa memilih apakah ingin mempelajari sastra dari beberapa negara. Misalnya saja di Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia (UI) selain Sastra Indonesia dan Jawa juga tersedia Sastra Arab, Cina, Jepang, Jerman, Prancis, Slavia dan juga Sastra Inggris.

Jurusan ini tidak hanya terkait kemampuan bahasa namun juga akan mempelajari aspek sastra dan budaya masyarakat pemakainya. Lulusan sastra nanti bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri, kedutaan besar, pariwisata, keimigrasian hingga media massa dan juga lembaga lain yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya.

3. Jurusan Ilmu Filsafat
Bila kalian suka berpikir kritis maka jurusan ini bisa dipilih. Jurusan Ilmu Filsafat akan mengajak mahasiswanya untuk memikirkan kehidupan di manusia, siapa pencipta alam semesta dan beragam pertanyaan menarik lainnya. Lulusan filsafat pun bisa meniti karir di berbagai bidang. Misalnya dalam dunia pendidikan, menjadi PNS dan dunia kewartawanan hingga berkarir di perusahaan swasta lainnya.

4. Jurusan Sejarah
Jurusan ini juga terbilang jauh dari pelajaran matematika karena mahasiswanya akan mempelajari sejarah Indonesia hingga dunia dari berbagai elemen seperti sejarah ekonomi, politik hingga sejarah sosial dan juga riwayat kebudayaannya. Lulusannya bisa menjadi guru, dosen, peneliti, sejarawan, budayawan hingga pekerja di sektor pariwisata.

5. Hubungan Internasional
Jurusan kuliah yang tidak ada matematikanya ialah jurusan Hubungan Internasional. Pada jurusan ini, mahasiswanya akan mempelajari kemampuan berkomunikasi dan berbahasa asing yang memuat nilai-nilai politik, sosial, ekonomi, dan lain-lain. Lulusanya sendiri bisa bekerja menjadi diplomat, berkarir di instansi organisasi internasional hingga perusahaan multinasional, jurnalis hingga goverment relation officer.

Itulah 5 rekomendasi jurusan bagi yang tidak menyukai matematika. Semoga bisa membantu dalam memilih jurusan di perguruan tinggi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3046 seconds (0.1#10.140)