Orang Tua, Ini 10 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Dini

Senin, 14 Februari 2022 - 20:17 WIB
loading...
Orang Tua, Ini 10 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Dini
Anak berbakat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mengenali minat dan bakat anak perlu dilakukan sedini mungkin agar arah pendidikan bisa disinkronkan. Apakah ketika seorang anak selalu mendapatkan nilai tinggi saat pelajaran menggambar sudah pasti ia memiliki bakat menggambar? Belum tentu, ketahui cara mengetahui minat dan bakat anak yang sebenarnya.

Apa itu bakat? Banyak orang tua yang berpikir bahwa bakat adalah sesuatu di mana seseorang anak terlihat maksimal dengan potensinya, padahal definisi ini tidak tepat.

Baca juga: Orang Tua Wajib Tahu, Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk Pendidikan Anak

Ternyata yang dikatakan bakat adalah bukan hanya hasilnya yang maksimal tetapi anak terlihat enjoy dan senang dengan yang ia jalani, baik saat hasilnya unggul maupun tidak.

Sebenarnya jika ingin lebih cepat dan simpel, orang tua bisa mengikuti tes minat dan bakat anak melalui berbagai teknik pengujian yang ditawarkan secara komersial. Namun, hasil ini ternyata tidak mutlak.

Baca juga: Orang Tua Perlu Tahu, Begini Tips Atasi Parental Burnout di Masa Pandemi

Patokan yang mengikat terhadap hasil sebuah tes ternyata bisa menyebabkan tertutupnya ruang potensi lain pada anak. Maka ada cara natural yang bisa dilakukan secara bertahap untuk memastikan sesuatu yang menjadi minat dan bakat anak, apa saja?

1. Mengenalkan Anak dengan Berbagai Bidang
Sebelum orang tua mengambil kesimpulan jika anak Anda memiliki bakat A, B atau C, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengenalkan anak pada semua bidang. Sains, seni, olahraga, sosial, dan sebagainya kenalkan pada anak sehingga terbuka pikiran dan pengetahuan anak pada sesuatu hal yang ada di sekitarnya.

Semakin banyak hal yang diketahui oleh anak maka akan semakin membuat orang tua bisa menilai, dari sekian banyak hal yang diketahui dan dilakukan anak ternyata yang anak terlihat enjoy dan hasilnya maksimal adalah bidang A. Ini langkah awal bagi orang tua membantu anak menemukan bakatnya.

2. Apa yang Paling Anak Nikmati dan Lihat Hasilnya
Setelah mengenalkan banyak hal pada anak, maka orang tua bisa melihat apa yang menjadi kesukaaan anak. Hal apa yang paling menggembirakan, paling bisa dinikmati dengan hasil yang beragam. Tak selamanya apa yang disukai akan memberikan hasil yang bagus, tetapi dengan sesuatu yang disukai akan membuat anak tetap bertahan dengan sesuatu tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2296 seconds (10.101#12.26)