Orang Tua Wajib Tahu, Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk Pendidikan Anak

Sabtu, 12 Februari 2022 - 00:33 WIB
loading...
Orang Tua Wajib Tahu, Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk Pendidikan Anak
Sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolahnya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setiap orang tua tentunya setuju, jika pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk seorang anak. Tentu saja dengan pendidikan yang baik, seorang anak diharapkan dapat hidup lebih sejahtera, lebih bahagia dan sukses di masa depan.

Namun di sisi lain, pendidikan yang baik dan berkualitas tentunya memerlukan biaya yang sangat besar dan kian hari biaya pendidikan terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Sehingga orang tua perlu secara cermat dan cerdas untuk membuat perencanaan keuangan yang matang untuk menyiapkan dana pendidikan bagi putra putrinya kelak.



Banyak sekali orang tua yang tidak menyadari betapa pentingnya membuat perencanaan biaya sekolah bagi anak-anaknya, mereka cenderung baru memikirkan biaya pendidikan putra-putrinya ketika hendak melakukan pendaftaran sekolah.

Kejadian seperti ini sebenarnya tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan di luar sana pun juga banyak mengalami hal yang sama. Bahkan, adakalanya anak-anak itu sendiri yang membiayai sekolah dan kuliahnya atau dengan cara berhutang sekali pun.

Jadi, setelah lulus kuliah mereka nantinya harus berupaya keras melunasi hutangnya itu. Sungguh kondisi yang sangat menyedihkan dan memprihatinkan.



Belum banyak orang tua yang menyadari pentingnya membuat perencanaan keuangan untuk pendidikan anak sejak dini. Padahal dengan perencanaan keuangan dan berinvestasi sejak dini, maka peluang untuk menyiapkan dana pendidikan anak yang baik dan tepat akan semakin mudah dan cenderung semakin efisien pula .

Di Indonesia sendiri setiap tahunnya biaya pendidikan diperkirakan naik rata-rata sebesar 10%-20%. per tahun, bahkan ada juga beberapa sekolah yang kenaikan biaya pendidikannya sebesar 10%-15% per semester.

Jika mengalami kenaikan 15% misalnya setiap tahunnya, maka uang Rp1.000.000 saat ini, nilainya dapat mencapai empat kali lipat dalam waktu 10 tahun yang akan datang. Lebih fantastis lagi jika mengalami kenaikan 20% setiap tahunnya uang Rp1.000.000 saat ini, akan meningkat hingga 27 kali lipat, dalam waktu 18 tahun yang akan datang. Kondisi ini tentu saja sangat memberatkan apabila orang tua tidak mempersiapkan dengan baik biaya pendidikan sejak dini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3117 seconds (0.1#10.140)