Kenalkan, Ini 6 Tokoh Alumni PKN STAN yang Sukses di Kancah Nasional

Senin, 14 Februari 2022 - 21:02 WIB
loading...
Kenalkan, Ini 6 Tokoh Alumni PKN STAN yang Sukses di Kancah Nasional
Sederet tokoh yang berhasil dari alumni PKN STAN dan sedang membangun kariernya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ( STAN ) merupakan sekolah yang sangat diimpikan semua orang yang ingin melanjutkan pendidikannya karena alumninya akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Bekerja di lingkungan kementerian keuangan menjamin hidup yang cukup menjanjikan dan menjadi salah satu alumni STAN adalah cara yang tepat untuk dapat membuat itu menjadi kenyataan.



Bukan hanya sekadar menjadi pegawai negeri sipil ( PNS ) ada pula yang menjadi pimpinan lembaga negara, dan menteri negara.

Berikut adalah tokoh yang bisa dikatakan berhasil dari alumni STAN dan sedang membangun kariernya.

1. Sudirman Said
Sudirman Said lahir di Brebes, 16 April 1963. Orangnya teliti dan displin. Ini yang selalu Sudirman Said tunjukan saat masih kecil, di sekolah, kuliah, hingga bekerja.

Meski berlatar pendidikan akuntansi dan bisnis, Sudirman menikmati sebagai aktivitas anti korupsi. Puncaknya, ia diberi tugas membenahi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. ia lebih banyak mendapat tugas untuk membenahi budaya korupsi, dan meningkatkan produktivitas, dan keuntungan bisnis melalui pengolahan keuangan yang bersih. Sikap tersebut dilaksanakan tidak hanya di corporate, tapi di instansi pemerintah.



Sudirman Said merupakan alumni STAN yang tamat pada 1990 dan melanjutkan pendidikannya di George Washington University dalam studi Master Bidang Administrasi Bisnis. Dia juga merupakan aktivis anti korupsi dan sempat mendirikan MIT(Masyarakat Transparansi).

Berikut perjalanan kariernya:
-Pendiri Indonesia Institute for Corporate Govermance
-Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia
-Direktur Keuangan & Admin, PT.Petrokimia Nusantara Interindo
-Pendorong BPK audit Dana Pemilu
-Deputi Kepala Badan Pelaksana Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR)
-Pengembangan Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia
-Staff Ahli Direktur Utama PT Pertamina
-Direktur Human Capital di Petroser
-Executive Director Asia-Pacific Economic Cooperation ( APEC )
-Wakil Presiden Direktur PT Petrosea Tbk
-Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Kedinasan Keuangan STAN
-Direktur Utama PT Pindad
-Dewan Pengurus Nasional, Ikatan Akuntan Indonesia
-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI
-Beliau merupakan salah satu lulusan STAN yang berhasil melebarkan sayapnya ke dunia Eksekutif.

2. Alexander Marwata
Alexander Marwata Lahir di Klaten, Jawa Tengah, 26 Februari 1967. Saat ini menjabat sebagai Pemimpin Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Ia sekolah di SD Plawikan 1 Klaten (1974-1980), SMP Pangudi Luhur Klaten (1980-1983), SMAN 1 Yogyakarta(1983-1986). Dari sana ia melanjutkan pendidikan tingginya, D IV di Jurusan Akuntansi STAN Jakarta. Ia melanjutkan sekolahnya lagi Universitas Indonesia, prodi S1 Ilmu Hukum.

Alex cukup lama berkarier di Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP), kurang lebih 24 tahun, terhitung sejak 1987-2011. Kemudian, pada 2012, ia menjadi hakim adhoc di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Berikut perjalanan kariernya:
-2015-2019 Komisioner KPK
-2012 Hakim ad-hoc di Pengadilan Tipikor Jakarta

Tokoh anti korupsi inijuga termasuk salah satu contoh yang baik,semoga bapak Alexander Marwata dapat melaksanakan tugasnya di KPK dengan baik dan dapat membantu negara dalam memberantas korupsi.

3. Ito Warsito
Ito Warsito, lahir di Wonosobo, 20 November 1961. Ia adalah seorang ekonom yang menjabat sebagai Direktur Utama Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Ito Warsito menempuh pendidikan di Jurusan Akuntansi di STAN tahun 1989 dan melanjutkan studinya di MBA Harvard Business School pada 1994.

KarierIto Warsito sangat banyak berkecimpung di dunia Kementrian keuangan.

Berikut perjalanan kariernya:
-Staf Badan Akuntansi Keuangan Negara Departemen Keuangan tahun 1994.
-Direktur Investment Banking Danareksa Sekuritas tahun 2001.
-CFO (Chief Financial Officer ) PT Bahana Securities.

Direktur Utama dari :
-Bahana Securities tahun 2003.
-Pembinaan Usaha Indonesia tahun 2006.
-Bursa Efek Indonesia tahun 2009.
-Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015.

4. Helmy Yahya
Helmy Yahya lahir di Indralaya, ogran illir, Sumatra Selatan, pada 6 Maret 1963. Ia tercatat sebagai lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN dan University Of Miami, Florida, Amerika Serikat (AS).

Helmy dilantik sebagai Direktur Utama TVRI periode 2017. Selain itu Helmy sebelumnya mendirikan lembaga kursus Helmy Yahya Broadcasting Academy di Bandung, Surabaya, dan Jakarta.

Helmy dulu terkenal dengan julukan ‘Raja’ Kuis Indonesia karena banyak menyalurkan baik kuis-kuis lokal rancangannya bersama tim. Kuis-kuis adaptasi dari luar negeri yang ditayangkan di televisi-televisi Indonesia juga merupakan bagian dari sentuhan tangannya. Beberapa acara realitas dan acara televisi lainnya juga kelolanya.

Saat ini ia terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Kedinasan STAN (Ikanas STAN) periode 2019-2022. Pemilihan dilakukan dalam acara Reuni Akbar dan Kongres VII. pada hari Minggu (10/11/2019).

5. Andhi Pramono (Doktor termuda seangakatannya)
Andhi Pramono, lahir 4 Juni 1975. Dulunya ia seorang karyawan Direktorat Jenderal Kepabeaan dan Cukai ini sukses menggondol gelar doktor dalam bidang Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta.

Selepas SMA, Andhi melanjutkan pendidikannya Prodi DIII Keuangan Kepabeaan dan Cukai dan lulus pada 1997 di PKN STAN. Mengawali karier di bidang kepabeaan dan cukai pada 1996. Ia pernah tercatat sebagai pelaksana pada Mahasiswa STAN Prodip III. Andhi kemudian pindah kerja sebagai pelaksana pada kantor Inspeksi Kepabeaan dan Cukai Tipe A.

Ia melanjutkan pendidikan di STIE Ibnu Sina Batam dan lulus pada 2011. Berlanjut S2 Manajemen SDM Universitas Bhayangkara-PTIK, dan S3 Manajemen Pendidikan UNJ Rawamangun.

Perjalanan Kariernya:
-Koordinator Pelaksana Patroli dan Operasi KPBC Tipe A Khusus Tanjung Priok II di Jakarta.
-Tutor Materi Diklat Slip Search Trainer pada 2005 di Direktorat P2 (Penindakan & Penyidikan)
-Direktorat Kepabeaan dan Cukai.

6. Khairiansyah Salman
Khairiansyah Salman (lahir di Medan, Sumatera Utara, 14 Juli 1969; umur 46 tahun) beliau juga merupakan lulusan STAN yang berkarier di Badan Pemeriksa Keuangan di Indonesia. Beliau juga sempat membongkar kasus korupsi di KPU

Itulah beberapa tokoh alumni PKN STAN yang sudah sukses dan mengabdi kepada negara. Semoga menginspirasi para mahasiswa STAN, agar bisa seperti para tokoh di atas.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)