Seperti Ini Mekanisme SNMPTN dan Peminatan-SNMPTN ITB 2022

Selasa, 15 Februari 2022 - 20:12 WIB
loading...
Seperti Ini Mekanisme SNMPTN dan Peminatan-SNMPTN ITB 2022
Informasi SNMPTN dan Peminatan-SNMPTN ITB 2022. Foto/tangkapan layar laman ITB
A A A
JAKARTA - Direktur Pendidikan Institut Teknologi Bandung ( ITB ) Dr Arief Hariyanto dan Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa Irvan Christiawan menjelaskan mekanisme mengenai SNMPTN 2022 dan Peminatan-SNMPTN 2022 yang dibuka di kampus ITB.

Informasi ini diberikan pada Open House Pendidikan ITB 2022 dalam rangka penerimaan mahasiswa baru ITB. Pendaftaran SNMPTN 2022 sebagai salah satu sistem seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia diadakan pada 14 sampai 28 Februari 2022.

ITB tidak menerima mahasiswa berdasarkan program studi. Setiap mahasiswa akan melaksanakan Tahap Persiapan Bersama (TPB) selama satu tahun. Di akhir TPB, mahasiswa akan mengisi kuesioner untuk memilih program studi. Pemilihan program studi berdasarkan minat mahasiswa, kuota, dan hasil pembelajaran selama TPB.

Terdapat ketentuan khusus yang diberikan ITB setelah mengikuti ketentuan umum dari LTMPT. Ketentuan khusus yang pertama adalah peserta yang memilih FMIPA, SITH, SF, FITB, FTTM, STEI, FTSL, FTI, FTMD, dan SAPPK harus berasal dari bidang studi SMA/MA IPA.

Ketentuan khusus yang kedua adalah peserta yang memilih School of Business and Management (SBM) harus berasal dari SMA/MA IPA atau IPS. Ketentuan khusus yang ketiga adalah peserta yang memilih FSRD harus berasal dari SMA/MA IPA/IPS/Bahasa atau SMK bidang seni rupa.

Ketentuan khusus keempat, peserta tidak memiliki kondisi buta warna total maupun parsial untuk peserta yang memilih SITH, SF, FTTM, FSRD, Teknik Geologi (FITB), Teknik Kimia (FTI), Teknik Pangan (FTI), dan Kimia (FMIPA).

Baca: Unpad Buka Pendaftaran Seleksi Masuk Pascasarjana Gelombang 1

Saat mendaftar, peserta tidak boleh memilih dua program studi dari fakultas atau sekolah yang sama. Akan tetapi, peserta dapat memilih dua program studi dari fakultas yang sama dengan rumpun ilmu atau lokasi kampus yang berbeda.

Contohnya, peserta boleh memilih Teknik Geofisika di FTTM Ganesha di pilihan pertama dan Teknik Geofisika di FTTM Cirebon di pilihan kedua. Namun, peserta yang memilih dua program studi di ITB harus berdasarkan syarat yang diberikan LTMPT.

ITB mengadakan SNMPTN-Peminatan untuk peserta yang sudah yakin akan salah satu dari 18 program studi yang ditawarkan. Program SNMPTN-Peminatan adalah bagian integral dari pelaksanaan SNMPTN di ITB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)