5 Jurusan Kuliah Tersulit, Berani Ambil?

Kamis, 17 Februari 2022 - 13:40 WIB
loading...
A A A
Ada beberapa alasan yang menjadikan Jurusan Kedokteran salah satu jurusan yang sulit untuk dijalankan. Pertama, kuliah Jurusan Kedokteran mengharuskan untuk menguasai ilmu-ilmu tentang sistem, ragam penyakit, hingga pengobatan penyakit yang menyerang tubuh manusia.

Sehingga ketika selesai menempuh pendidikan, mahasiswa diharapkan dapat menguasai tentang cara mendiagnosis, mengobati, hingga cara-cara pencegahan suatu penyakit. Tidak hanya dari aspek medis, tapi juga dari aspek psikis, sosial, dan budaya.

Alasan kedua adalah lamanya durasi pendidikan yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa Jurusan Kedokteran. Ketika jurusan lain hanya membutuhkan waktu kuliah selama 3–4 tahun, Jurusan Kedokteran mewajibkan mahasiswanya untuk menempuh pendidikan setidaknya 5–6 tahun hingga mereka dapat menerima gelar Dokter.

Sebab, sebelum seorang sarjana kedokteran bisa melakukan praktek, banyak tahapan yang harus mereka lalui–seperti koas, ujian sertifikasi, dan pendidikan spesialis–hingga akhirnya mereka bisa menerapkan ilmu di lapangan.

5. Jurusan Arsitektur

Jurusan terakhir yang masuk ke dalam daftar jurusan tersulit di Indonesia yaitu Jurusan Arsitektur. Jurusan Arsitektur merupakan perpaduan antara teknik dan dan seni. Selama kuliah, nanti akan banyak belajar tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Selain itu, juga akan turut belajar tentang cara merancang interior, eksterior, kawasan, hingga mempelajari perencanaan kota.

Tidak hanya skill menggambar saja yang harus dimiliki oleh mahasiswa Jurusan Arsitek, tapi mereka juga harus memiliki ide yang kreatif, kepedulian terhadap lingkungan, serta pengetahuan yang luas tentang segala hal agar dapat merancang sebuah bangunan yang baik.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0809 seconds (0.1#10.140)