5 Jurusan Kuliah Tersulit, Berani Ambil?

Kamis, 17 Februari 2022 - 13:40 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Tersulit, Berani Ambil?
5 Jurusan Kuliah Tersulit, Berani Ambil?. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah tersulit bisa ditemui di beberapa fakultas di perguruan tinggi. Mahasiswanya pun harus memiliki kemampuan berpikir tinggi dan mampu menyelesaikan beban kerja yang lebih berat dari jurusan lain. Oleh karena itu memilih jurusan kuliah pun bukan perkara mudah bagi calon mahasiswa baru.

Calon mahasiswa pastinya memiliki tujuan serta alasan tersendiri ketika memutuskan untuk menjalani kuliah di suatu jurusan. Baik itu berdasarkan cita-cita, menyesuaikan dengan kemampuan dan bakat, hingga menginginkan jurusan tersebut karena bergengsi dan memiliki prospek kerja yang cerah.

Namun beberapa jurusan yang tersedia di kampus ternyata memiliki reputasi sebagai jurusan yang ‘sulit masuk, sulit keluar’. Penasaran dengan jurusan yang dimaksud? Dilansir dari laman Brainacademy di brainacademy.id, ini lima jurusan kuliah tersulit di Indonesia.

1. Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diincar di Indonesia. Di jurusan ini, mahasiswa akan banyak belajar tentang seluk-beluk obat-obatan, mulai dari yang sintetik hingga alami.

Baca: Prospek Kerja Lulusan Ilmu Hukum: Pengacara hingga Dosen

Tapi, perlu diketahui kalau Jurusan Farmasi tidak hanya mempelajari tentang obat saja. Selama kuliah, para mahasiswanya juga akan turut mempelajari tentang anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, kosmetik, Kesehatan Masyarakat, bahkan sampai ke Manajemen dan Pemasaran.

Tidak aneh jika Jurusan Farmasi dinobatkan sebagai salah satu jurusan tersulit di Indonesia dan di seluruh dunia. Pada 2014, Ditjen Dikti mengakui Jurusan Farmasi adalah jurusan di perguruan tinggi dengan peminat terbanyak ke-5 di Indonesia. Bahkan kini Jurusan Farmasi masuk dalam 10 jurusan kuliah yang paling sulit dimasuki.

2. Jurusan Teknik

Bagi siswa yang tertarik untuk masuk jurusan ini harus punya tekad yang kuat sebab harus belajar ekstra demi memahami materi-materi Fisika, Kalkulus, Statistik, Biologi, hingga Geologi. Konon, sangat sulit untuk bisa mendapatkan nilai yang tinggi di jurusan ini.

Maka bukan suatu yang aneh jika mahasiswa Jurusan Teknik dikatakan memiliki nilai lebih rendah dari mahasiswa di jurusan lain. Saking sulitnya, Jurusan Teknik bahkan sampai disebut sebagai ‘jurusan neraka’ oleh National Center for Education Statistics.

Semua cabang dari ilmu Teknik ini dianggap tidak mudah. Mulai dari Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan yang menjadi bintang utama dalam pembahasan kali ini, yaitu Jurusan Teknik Sipil.

Namun, peluang kerja yang ditawarkan untuk para lulusan Teknik Sipil juga sangat luas dan beragam. Jadi, wajar saja jika cabang ilmu teknik satu ini menjadi incaran banyak orang dan termasuk jurusan yang paling sulit untuk dimasuki.

3. Jurusan Matematika dan Statistika

Mendengar nama ‘Matematika’ saja pasti sudah membuat sebagian dari kita takut dan mundur. Apalagi, bagi calon mahasiswa yang sudah musuhan dan frustasi dengan Matematika sejak rumus-rumus rumit mulai ikut campur di pelajaran sekolah. Matematika disebut sebagai ibu dari segala ilmu.

Sebab, Jurusan matematika menjadi ilmu pengetahuan dasar bagi berbagai pengetahuan terapan dan kehadirannya dapat mempermudah penyelesaian permasalahan dalam ilmu-ilmu lainnya.

Memang dalam memahami ilmu Matematika, membutuhkan dedikasi, ketekunan, dan usaha yang ekstra. Sebab selama kuliah, akan dipertemukan dengan Aljabar, Geometri, Analisis Matematika, komputasi, aktuaria, hingga riset operasi, yang tentunya penuh dengan angka, rumus, dan teori.

Baca juga: Keren, Papua akan Punya Kampus Bertaraf Internasional

Sedangkan Jurusan Statistika merupakan turunan dari Jurusan Matematika. Jurusan statistika akan mengajak mahasiswa untuk belajar mengolah dan menyajikan data dalam bentuk analisa yang dapat diterapkan dalam menciptakan perencanaan yang berguna bagi kemajuan masa depan.

4. Jurusan Kedokteran

Ada beberapa alasan yang menjadikan Jurusan Kedokteran salah satu jurusan yang sulit untuk dijalankan. Pertama, kuliah Jurusan Kedokteran mengharuskan untuk menguasai ilmu-ilmu tentang sistem, ragam penyakit, hingga pengobatan penyakit yang menyerang tubuh manusia.

Sehingga ketika selesai menempuh pendidikan, mahasiswa diharapkan dapat menguasai tentang cara mendiagnosis, mengobati, hingga cara-cara pencegahan suatu penyakit. Tidak hanya dari aspek medis, tapi juga dari aspek psikis, sosial, dan budaya.

Alasan kedua adalah lamanya durasi pendidikan yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa Jurusan Kedokteran. Ketika jurusan lain hanya membutuhkan waktu kuliah selama 3–4 tahun, Jurusan Kedokteran mewajibkan mahasiswanya untuk menempuh pendidikan setidaknya 5–6 tahun hingga mereka dapat menerima gelar Dokter.

Sebab, sebelum seorang sarjana kedokteran bisa melakukan praktek, banyak tahapan yang harus mereka lalui–seperti koas, ujian sertifikasi, dan pendidikan spesialis–hingga akhirnya mereka bisa menerapkan ilmu di lapangan.

5. Jurusan Arsitektur

Jurusan terakhir yang masuk ke dalam daftar jurusan tersulit di Indonesia yaitu Jurusan Arsitektur. Jurusan Arsitektur merupakan perpaduan antara teknik dan dan seni. Selama kuliah, nanti akan banyak belajar tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Selain itu, juga akan turut belajar tentang cara merancang interior, eksterior, kawasan, hingga mempelajari perencanaan kota.

Tidak hanya skill menggambar saja yang harus dimiliki oleh mahasiswa Jurusan Arsitek, tapi mereka juga harus memiliki ide yang kreatif, kepedulian terhadap lingkungan, serta pengetahuan yang luas tentang segala hal agar dapat merancang sebuah bangunan yang baik.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)