Calon Mahasiswa, Ini 17 Jurusan Teknik yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Senin, 21 Februari 2022 - 08:24 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini 17 Jurusan Teknik yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Salah satu jurusan yang menjadi favorit dan juga dengan tingkat keketatan tertinggi adalah jurusan tekni k. Jurusan teknik pun banyak tersedia di perguruan tinggi. Berikut ini ulasan 17 jurusan teknik dengan prospek kerja menjanjikan yang bisa dipilih calon mahasiswa baru.

Kalian yang sudah menentukan pilihan jurusan teknik di penerimaan perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN 2022 ini, tentu akan memiliki peluang kerja lebih besar setelah lulus nanti.



Jurusan teknik dinilai memiliki peluang kerja yang luas dan menjanjikan di Indonesia. Misalnya jurusan pertambangan dan perminyakan, jurusan yang satu ini pastinya memiliki peluang kerja luas di Indonesia yang terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah.

Ada pula jurusan teknik sipil, sebagai negara yang masih akan menggencarkan pembangunan infrastruktur maka professional dari jurusan teknik sipil juga akan direkrut oleh banyak perusahaan. Tidak hanya perusahaan infrastruktur atau konstruksi swasta namun juga perusahaan milik negara.



Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, berikut ini rangkuman 17 jurusan teknik dengan prospek kerja yang menjanjikan yang mungkin bisa menjadi rujukan calon mahasiswa pada seleksi penerimaan mahasiswa baru.

1. Teknik Sipil
Teknik Sipil merupakan jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. Jurusan ini akan mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya dan mempunyai peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

2. Teknik Mesin
Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Para mahasiswa yang suka dengan permesinan akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Materi tentang mekanika, kinematika, teknik material dan termodinamika juga akan diperdalam disini.

Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

3. Teknik Industri
Teknik industry tidak hanya akan mempelajari seluk-beluk mesin manufaktur, tetapi juga tentang sistem manajemen sebuah industri. Prospek kerjanya luas mulai dari industry kecil hingga besar. Baik di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

4. Teknik Elektro
Mahasiswa Teknik Elektro akan mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini pun dipecah ke dalam beberapa konsentrasi dan memiliki cakupan yang sangat luas. Berkat keahlian di bidang kelistrikkan, banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri-industri tenaga listrik besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Bekerja di industri telekomunikasi, perminyakan dan gas, otomotif, hingga perusahaan bertaraf multinasional juga bisa menjadi pilihan.

5. Teknik Nuklir
Teknik Nuklir merupakan jurusan yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Nuklir tak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi.

Prospek kerja di bidang ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Mulai dari perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.

6. Teknik Perminyakan
Jurusan ini akan mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Mahasiswanya juga akan belajar tentang eksplorasi, eksploitasi dan cara pengolahan minyak. Sebagai mahasiswa Teknik Perminyakan, juga dituntut untuk inovatif dalam menentukan teknik yang lebih efisien dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

Prospek kerja dari jurusan ini terkenal sangat menjanjikan karena sumber daya minyak termasuk salah satu sumber daya yang paling bernilai. Kariernya bisa dimulai di perusahaan sektor migas nasional hingga internasional seperti Pertamina, Chevron, Total, Shell, dan masih banyak lagi.

7. Teknik Lingkungan
Teknik Lingkungan akan mempelajari bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkupnya pun cukup luas, mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan sebagainya. Lulusannya bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di bidang petrokimia, minyak, pertambangan, dan sebagainya.

8. Teknik Perkapalan
Sebagai negara maritime, kapal menjadi transportasi yang penting untuk menunjang kegiatan ekonomi hingga pertahanan di Indonesia. Jurusan Teknik Perkapalan mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal, seperti perancangan dan pembangunan kapal, pengoperasian kapal, dan bisnis pengoperasian armada kapal. Potensi kerjanya bisa dimulai di beberapa bidang seperti pembangunan kapal baru, pembangunan sarana industri lepas pantai, pemeliharaan dan reparasi kapal, dan masih banyak lagi.

9. Teknik Kimia
Jurusan Teknik Kimia mempelajari tentang proses dan cara mengubah bahan baku mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Prospek kerja dari lulusannya pun sangat luas, misalnya di industri kimia, perminyakan, farmasi, hingga menjadi konsultan.

10. Arsitektur
Arsitektur termasuk jurusan di bidang teknik yang terbilang unik, karena tak hanya mempelajari hal teknis pada bangunan tetapi juga memperhatikan sisi estetikanya. Mahasiswa Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan.

Arsitektur akan menuangkan ide, konsep dan desain, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Menjadi seorang arsitek mempunyai prospek karier yang cerah. Kamu bisa bekerja hampir di semua perusahaan properti dan konstruksi.

11. Teknik Biomedik
Jurusan teknik yang satu ini masih ada hubungannya dengan dunia medis. Kamu akan dibekali ilmu tentang sains, kesehatan, dan teknologi kedokteran. Fokus keilmuwan tadi menjadi daya tarik dari jurusan ini, apalagi prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi memiliki peluang yang cukup besar.

Lulusan dari jurusan Teknik Biomedik bisa berkarier di laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian, hingga pengembang perangkat lunak untuk kesehatan.

12. Teknik Informatika
Teknik Informatika bisa dibilang kombinasi antara Software Engineering dan Computer Science. Makanya, ada beberapa kampus yang memberikan nama jurusan ini dengan Ilmu Komputer. Jurusan ini akan lebih banyak mempelajari praktek dibanding teori misalnya mempelajari proses sebuah software bekerja hingga membuatnya.

Mata kuliah yang dipelajarin mulai dari perhitungan, berbagai bahasa pemrograman sampai yang sifatnya mengarah ke pengembangan apllikasi, alogritma komputer, hingga kecerdasan buatan. Karena itu, mahasiswa di sini bakalan ditempa logikanya. Bagaimana cara berpikir secara runut dan rapi, supaya si program bisa berjalan maksimal dan efektif. Bagi beberapa kampus, jurusan ini masuk ke Fakultas Teknik, tapi ada juga yang di Fakultas Ilmu Komputer.

13. Teknik Penerbangan
Jurusan Teknik Penerbangan atau yang biasa disebut teknik dirgantara merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu keteknikan pesawat, penerbangan, dan kedirgantaraan. Singkatnya, jurusan ini akan belajar mengenai cara merancang, membuat, hingga mengoperasikan pesawat terbang, pesawat luar angkasa, satelit, dan roket.

Lulusan Teknik Penerbangan bisa menjadi seorang insinyur profesional di berbagai industri penerbangan seperti Perusahaan AirNav Indonesia dan Angkasa Pura I & II. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di lembaga penelitian (LAPAN, Dislitbang AU, dan Puspiptek), pendidikan (Sekbang-AU, dan Universitas penerbangan) bahkan pemerintahan (Kementerian Perhubungan Republik Indonesia).

Selain itu juga punya kesempatan untuk bekerja di industri manufaktur pesawat dunia seperti United Aircraft Building Corporation di Rusia, Boeing di Amerika Serikat, EADS dan Airbus di Jerman, serta São José dos Campos di Brasil di mana pesawat Embraer diproduksi.

14. Teknik Fisika
Di jurusan Teknik Fisika, tidak hanya belajar tentang teori Fisika, tetapi juga akan belajar soal pemrograman, elektronika, sipil, kimia, material, dan lainnya. Selain itu, Teknik Fisika juga mempelajari hal-hal seperti perencanaan, desain, konstruksi atau manajemen alat-alat berat. Untuk itulah seorang mahasiswa Teknik Fisika akan memperoleh berbagai pengetahuan mengenai ilmu-ilmu dasar (kimia, fisika, dan matematika) serta ilmu-ilmu keteknikan (teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik material).

Lulusan Teknik Fisika bisa bekerja sebagai insinyur profesional di berbagai bidang. Misalnya bisa menempati posisi sebagai teknisi di bidang kontrol sistem, material, ataupun mesin di perusahaan otomotif. Selain itu, juga bisa bekerja di industri perminyakan, pertambangan, telekomunikasi dan elektronika, teknologi informasi, pembangkit listrik, properti, atau instansi pemerintah. Bahkan, kamu juga bisa menjadi konsultan, akademisi, atau bekerja di lembaga penelitian.

15. Teknik Metalurgi
Teknik Metalurgi mempelajari sifat-sifat kimia yang terkandung di dalam logam. Dari kandungan kimia tersebut, kamu akan memahami fungsi masing-masing logam untuk kehidupan sehari-hari. Walaupun program studi ini kalah populer dibandingkan dengan Teknik Sipil, Teknik Industri, atau Perminyakan, para insinyur atau lulusan Teknik Metalurgi sangat dibutuhkan saat ini

Metalurgi juga akan melibatkan banyak riset dan penelitian beserta kegiatan praktik. Maka, di luar jam pelajaran pun akan disibukkan dengan penulisan laporan, pengumpulan data untuk analisa, dan lainnya. Untuk itu, harus mempunyai tingkat ketelitian serta daya analisa yang tinggi saat berkuliah di jurusan ini.

Para lulusan dari jurusan Teknik Metalurgi mempunyai sektor karier yang cukup luas. Contohnya, bisa bekerja di perusahaan pertambangan logam dan batu bara, pabrik ekstraksi logam, pabrik semen, perusahaan migas, manufaktur otomotif/pesawat, perusahaan konstruksi, dan perusahaan yang menggunakan logam lainnya.

16. Teknik Pertanian
Teknik Pertanian adalah disiplin ilmu di pertanian yang lebih menekankan kepada aspek teknik (mesin). Misalnya merancang mesin-mesin atau sistem untuk membuat hasil panen menjadi maksimal dengan cara yang efektif.

Mata kuliah yang dipelajari nanti tentunya yang bersifat keteknikan dan pertanian. Mulai dari Perbengkelan, Ilmu Lingkungan, Sistem Pertanian Industri, Energi dan Mesin Pertanian, Teknik Biosistem, Mekanisasi Pertanian, Gambar Teknik, Ekonomi Teknik, Teknik Hidroponik, dan banyak lagi.

Prospek kerja dari jurusan ini luas banget. Bisa masuk ke Kementrian Pertanian, atau Kementrian Perindustrian. Atau di Pusat Penelitian (Litbang) Pertanian. Bisa juga ke perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang alat teknik dan agroindustri kayak Asian Agri Group, Sime Darby Plantation. Juga bisa bekerja ke Lembaga internasional kayak United Nation Development Programme (UNDP) hingga bisa melanjutkan studi untuk jadi dosen atau pengajar.

17. Teknik Geologi
Lingkup pengetahuan Jurusan Teknik Geologi mencakup segala hal yang berkaitan dengan bumi, mulai dari permukaan hingga isi bumi. Seperti apa contohnya? Hal yang menjadi kajian dari jurusan ini, yaitu mineral, gas bumi, nikel, hingga emas.

Beberapa mata kuliah yang mendukung keahlian mahasiswa diambil dari kurikulum Jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro, contohnya Geotermal, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Teknik Pemboran, Vulkanologi, dan Geostatistika.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)