6 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Sejarah yang Bisa Dilirik Calon Mahasiswa Baru

Senin, 21 Februari 2022 - 12:10 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya lulusan Hubungan Internasional yang mampu bekerja di instansi pemerintah. Para lulusan Ilmu Sejarah juga bisa. Tepatnya, di Balai Konservasi Cagar Budaya.

Instansi yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini memerlukan ahli sejarah pada divisi pengelolaan, pemeliharaan, dan kajian terhadap cagar budaya yang terkait.

4. Bidang Penulisan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lulusan Ilmu sejarah sudah terbiasa dengan berbagai macam jenis penulisan dan riset. Pengalaman ini mempersiapkan lulusan Ilmu Sejarah untuk berkarir dalam bidang penulisan dan editing.

Baca juga: Ditutup 28 Februari, LTMPT Minta Segera Lakukan Pendaftaran SNMPTN 2022

Prospek kerja dalam bidang penulisan untuk lulusan Ilmu Sejarah adalah menulis konten untuk bisnis, penulisan jurnalistik untuk publikasi cetak atau online, serta posisi editorial di platform media lainnya.

5. Industri Nonprofit

Lulusan Ilmu Sejarah dapat menggunakan keterampilan penelitian mereka sebagai seorang analis di industri nonprofit. Mengumpulkan informasi mengenai sistem dan kultur pada sebuah komunitas tertentu melalui riset bisa diselesaikan oleh lulusan Ilmu Sejarah dengan baik.

Lulusan program studi humaniora ini juga sering bekerja di sektor nonprofit sebagai tim humas. Menggunakan keterampilan komunikasi mereka untuk membangun hubungan dengan pendonor dana serta mempromosikan agenda dan tujuan organisasi mereka.

6. Kurator

Melansir Historians, departemen kuratorial adalah sebuah divisi di museum yang paling berkaitan dengan keahlian para sejarawan. Pemerintah dan sebagian museum besar biasanya akan memberikan gelar kurator untuk karyawan yang memiliki gelar sarjana di bidang sejarah dan humaniora.

Tugas utama seorang kurator biasanya mencakup pemeliharaan koleksi museum, mengamati artefak baru yang akan masuk dalam daftar koleksi, menulis skrip pameran, dan memberikan persetujuan untuk riset di museum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)