10 Kampus dengan Jurusan Musik di Indonesia untuk Rekomendasi Mahasiswa Baru

Rabu, 23 Februari 2022 - 10:37 WIB
loading...
10 Kampus dengan Jurusan Musik di Indonesia untuk Rekomendasi Mahasiswa Baru
Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta). Foto/tangkap layar laman ISI Yogyakarta
A A A
JAKARTA - Bagi mahasiswa baru pecinta musik dapat memilih kuliah jurusan musik untuk memperdalam ilmu dan juga bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan di masa depan.

Program studi Seni Musik mempelajari musik sebagai medium untuk mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari banyak hal. Mulai dari sejarah musik, teori musik, produksi musik, manajemen industri music, hingga komposisi musik.

Di Indonesia, sudah ada beberapa universitas yang memiliki jurusan di bidang musik. Mau tahu apa saja kampus yang bisa dipilih? Mengutip laman Ruangguru di ruangguru.com, berikut ini 10 kampus dengan jurusan musik yang bisa jadi rekomendasi.

1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

IKJ merupakan salah satu kampus yang paling sering dijadikan pilihan bagi para seniman-seniman Indonesia untuk mendalami passion-nya di bidang seni, termasuk seni musik. IKJ telah mengukir sejarah sebagai perguruan tinggi seni pertama yang mempunyai semua bidang studi seni dalam satu kampus.

Baca: Ingin Kuliah di UI, Ini Jurusan Paling Sepi Peminat pada SNMPTN 2021

Jurusan Seni Musik IKJ sendiri sudah banyak melahirkan musisi terkenal seperti Iwan Fals dan Naif. Jurusan S1 Seni Musik IKJ berada di bawah Fakultas Seni dan Pertunjukan, bersama dengan jurusan Seni Tari, Seni Teater, Etnomusikologi, dan Antropologi Tari.

2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

ISI Yogyakarta merupakan PTN dengan jurusan kesenian tertua di Indonesia. Sudah banyak seniman-seniman terkenal tanah air yang lahir dari kampus ini seperti Butet Kertaredjasa, Edhi Sunarso, Didik Nini Thowok, dan masih banyak lagi.

Untuk bidang musik, jurusan S1 Seni Musik ISI Yogyakarta berada di bawah Fakultas Seni Pertunjukan bersama dengan jurusan seni lainnya, mulai dari etnomusikologi, penciptaan musik, tari dan teater, karawitan, hingga pendalangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)