Mau Sukses Raih Beasiswa? Intip 6 Tips Menulis CV Ini

Rabu, 23 Februari 2022 - 20:51 WIB
loading...
Mau Sukses Raih Beasiswa? Intip 6 Tips Menulis CV Ini
6 tips menulis cv untuk beasiswa. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tidak terasa sudah banyak program beasiswa yang mulai membuka pendaftaran baik untuk kuliah di dalam maupun luar negeri. Dalam proses pengajuan atau pendaftaran beasiswa itu, ada satu dokumen penting yang mesti disiapkan yakni curriculum vitae (CV).

Dokumen ini membantu penyedia beasiswa untuk melakukan seleksi apakah si pelamar beasiswa memang layak atau tidak sebab seleksi beasiswa umumnya berlangsung cukup ketat.

Mengenal CV untuk Beasiswa

Isi dari sebuah CV beasiswa itu sendiri ada data diri, riwayat pendidikan, prestasi akademik atau non akademik yang pernah diraih, hingga keterampilan apa saja yang dimiliki.

Pada intinya, CV baik itu untuk pekerjaan atau beasiswa harus dibuat menarik dan memiliki informasi yang dibutuhkan oleh penerima daftar riwayat hidup tersebut. Menarik di sini bukan berarti isi dari dokumen ini dibuat berlebihan.

Baca: Siap-siap, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP yang Dibuka 25 Februari 2022

Selain itu, CV yang menarik juga bukan berarti memiliki tampilan yang ramai atau banyak warna, tapi tetap sederhana dan mudah memahami informasi yang tertera. Maka buatlah CV dengan sesingkat dan sejelas mungkin dengan fakta sesungguhnya.

Cara Membuat CV untuk Beasiswa

Dikutip dari laman Quipper di quipper.com, cara membuat sebuah CV itu sangat sederhana. Pertama, mengetahui formatnya. Biasanya setiap instansi memiliki format sendiri untuk CV yang perlu dikirim sebagai syarat pendaftaran beasiswa.

Sebab ada beasiswa yang diajukan untuk instansi dalam negeri dan ada juga untuk beasiswa ke luar negeri. Tentu isi CV dari jenis dua beasiswa tersebut berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)