Dibuka Hampir di Semua Kampus, Ini Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil

Kamis, 24 Februari 2022 - 18:13 WIB
loading...
Dibuka Hampir di Semua Kampus, Ini Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil
Dibuka hampir di semua kampus, ini alasan memilih jurusan teknik sipil. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Salah satu jurusan yang banyak dibuka di perguruan tinggi Indonesia adalah jurusan teknik sipil . Ada beberapa alasan jurusan ini menarik minat calon mahasiswa sebagai pilihan melanjutkan studinya.

Belajar apa dari jurusan teknik sipil? Dari namanya, jurusan ini merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari proses infrastruktur mulai dari merancang, membangun, dan merenovasi.

Infrastruktur sendiri tidak hanya seputar gedung-gedung tinggi, tapi juga infrastruktur jembatan, jalanan, landasan pesawat terbang, bendungan, pelabuhan dan lainnya.

Secara umum, jurusan ini akan mempelajari bagaimana merancang infrastruktur yang kuat, layak, dan juga efisien. Selain itu, jurusan teknik sipil juga ada di beberapa kampus ternama, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Undip, hingga UGM.

Baca: Mau Pilih S1 atau D4? Simak Perbedaannya Berikut Ini

Lalu kenapa jurusan teknik sipil ini menarik dijadikan rekomendasi sebagai jenjang kuliah selanjutnya? Berikut ini beberapa alasannya dikutip dari laman Gokampus di gokampus.com.

1. Cara belajar teknik sipil menyenangkan

Jurusan ini akan mempelajari hal-hal seputar desain, mulai dari perancangan sampai eksekusinya. Misalnya ada bangunan gedung yang tinggi dan kokoh, itu merupakan salah satu tugas anak sipil untuk menghitungnya.

Bagi yang masih awam dalam dunia desain pun tidak perlu khawatir. Karena di jurusan ini akan mempelajari perhitungan dan menggambar di kertas. Kalian juga akan mempelajari membuat desain dari software seperti SAP 2000, AutoCAD dan masih banyak lagi.

2. Ilmu yang sangat bermanfaat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)