Effleurage Robot Karya Mahasiswa UNS Raih Emas dalam Ajang Internasional

Sabtu, 26 Februari 2022 - 10:59 WIB
loading...
Effleurage Robot Karya Mahasiswa UNS Raih Emas dalam Ajang Internasional
Tim mahasiswa UNS. Foto/tangkap layar laman UNS
A A A
JAKARTA - Prestasi internasional diraih tim mahasiswa Universitas Sebelas Maret ( UNS ). Mereka sukses menyabet medali emas kategori World Young Inventors Exhibition di ajang International Invention, Innovation, and Technology Exhibition (ITEX) Malaysia.

Tim mahasiswa ini merupakan kolaborasi tiga Program Studi (Prodi), yaitu Kebidanan, Kedokteran, dan Teknik Mesin. Anggota tim yang terlibat antara lain Hafida Salsabila, Muzakiya Lailatul Karimah, Hasna Fatin Hanifah, Muhammad Dzaky Musyaffa, Muhana Fawwazy Ilyas, dan Muhammad Dzaki Darmawan.

Selain itu ada Inas Nuha Mumtazah, Ilham Fadhillah Utama, Sukmo Utomo Abdillah Amin, dan Rizqi Husain Alfathan. Tim ini mendapat bimbingan Dr. Revi Gama Hatta Novika dan Ubaidillah dalam proses pengembangannya.

Dr. Revi Gama Hatta Novika selaku dosen pembimbing mengatakan, pembuatan prototipe produk awalnya didanai dari Hibah MBKM, yang kemudian mendapatkan dukungan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Indonesia untuk pengembangan produk tersebut.

Baca: Mahasiswa UMM Ini Menangi Penghargaan di Istanbul Youth Summit

Produk ini bernama Effleurage Robot, yaitu inovasi untuk pengurang rasa nyeri pada ibu yang sedang mengalami kontraksi inpartu atau menjelang proses persalinan. Dr. Revi mendiskusikan ide ini bersama Ubaidillah, Rufidah Maulina, Siti Nurhidayati, dan Nurul Jannatul Wahidah, serta para mahasiswanya.

“Ide tersebut dilatarbelakangi adanya ibu hamil yang terkonfirmasi Covid-19 sehingga yang biasanya ibu hamil yang akan bersalin bisa ditemani keluarga untuk memberikan massage lembut (effleurage massage) guna meminimalkan rasa nyeri akibat kontraksinya. Namun, pada kondisi terkonfirmasi Covid-19 pasti membutuhkan teman untuk menggantikan tugas keluarga tersebut,” katanya melansir laman UNS di uns.ac.id.

Effleurage Robot merupakan robot kursi yang dapat melakukan pijat effleurage dengan usapan kuat, halus, dan lembut di bagian panggul ibu hamil untuk mengurangi rasa nyeri. Effleurage Robot juga dapat meringankan pekerjaan pendamping persalinan ibu hamil.

Robot ini memiliki fitur yang mudah disesuaikan dengan kenyamanan pengguna, seperti dapat digunakan sembari berjalan, duduk, hingga berbaring.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat, UMB-UPB Edukasi UMKM se-DKI Soal Bisnis Digital
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3825 seconds (0.1#10.140)