Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik, Tak Terbatas di Birokrasi Pemerintah Saja

Sabtu, 26 Februari 2022 - 14:20 WIB
loading...
Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik, Tak Terbatas di Birokrasi Pemerintah Saja
Prospek kerja jurusan administrasi publik. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Prospek kerja jurusan Administrasi Publik ternyata tidak terbatas di birokrasi pemerintah saja. Ada banyak profesi lain yang juga cocok dan menjanjikan untuk para lulusannya.

Namun sebelum melangkah lebih jauh soal profesi dan jenjang karier, ada baiknya mengetahui dahulu apa itu administrasi publik.
Secara sederhana, administrasi publik merupakan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting dalam kehidupan bernegara, yakni lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Selain itu, administrasi publik juga mempelajari hal lain yang berkaitan dengan publik seperti kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

Mengingat luasnya ilmu yang dipelajari membuat prospek kerja jurusan administrasi publik ini juga sangat terbuka lebar. Melansir laman GoKampus, berikut ini delapan profesi terbaik yang biasanya diincar lulusan administrasi publik.

Baca: Banjir Peminat, 21.858 Siswa Daftar Seleksi MAN Insan Cendekia, PK, dan MAKN

1. Konsultan Pemerintah

Seorang konsultan pemerintah dibutuhkan untuk mengurai permasalahan yang biasa muncul di pemerintahan. Profesi ini diharapkan dapat memberikan solusi terbaik untuk kepentingan negara, dengan tetap mempertimbangkan kepentingan publik.

2. Staf Legislatif/ Pemerintah

Profesi ini juga yang paling banyak diincar lulusan administrasi publik. Salah satu tugasnya adalah mengatur kebijakan dan mengatur bagaimana menerapkan kebijakan tersebut kepada masyarakat.

3. Aktivis Organisasi Masyarakat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)