FK UI Kerja Sama dengan Garuda Indonesia untuk Cetak Dokter Penerbangan Andal

Rabu, 02 Maret 2022 - 08:02 WIB
loading...
FK UI Kerja Sama dengan Garuda Indonesia untuk Cetak Dokter Penerbangan Andal
FKUI kerja sama dengan Garuda Indonesia. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ( FK UI) memperluas pendidikan kedokteran penerbangan melalui kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia . Sinergi ini didasari atas tingginya kebutuhan akan dokter penerbangan.

Dalam dunia penerbangan, dokter berperan penting bagi keselamatan para penerbang. Kondisi penerbang yang sehat dapat mengurangi faktor risiko terjadinya kecelakaan pesawat.

Oleh karena itu, pemeriksaan terhadap penerbang harus dilakukan sejumlah dokter yang memiliki kualifikasi kedokteran penerbangan atau memiliki sertifikatflight surgeon(dikeluarkan oleh Kepala Balai Kesehatan Penerbangan di bawah Direktur Jenderal Perhubungan Udara).

Baca: Merdeka Belajar, JGU Gandeng Industri-Kampus Kembangkan Saintek

Melalui kerja sama di Garuda Indonesia Training Center, Jakarta Barat, FKUI dan Garuda Indonesia sepakat untuk mengembangkan penyelenggaraan kegiatan akademik dan pelatihan, khususnya di bidang kedokteran penerbangan.

Pembelajaran ini menggunakan fasilitas yang disediakan Garuda Indonesia, yaitu Garuda Indonesia Training Center (GITC) dan Klinik Garuda Sentra Medika (GSM). Di Klinik GSM diberikan pula layanan kesehatan oleh peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan staf pengajar FKUI.

Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam menyambut baik kerja sama FKUI dan Garuda Indonesia.Menurutnya, kerja sama ini merupakan bagian dari aktivitas kolaborasi yang dikembangkan Universitas Indonesia. Kolaborasitriple helixmelibatkan akademisi, pemerintah, dan industri. Garuda Indonesia adalah bagian dari kolaborasi ini.

“Kami menyambut baik apabila ada dokter dari Garuda Indonesia yang ingin meningkatkan kompetensi pendidikannya, baik untuk pendidikan kedokteran kerja maupun kedokteran penerbangan.Berbicara tentang PPDS berarti berbicara tentang menciptakan sumber daya untuk kedokteran penerbangan.Oleh karena itu, terima kasih Garuda Indonesia karena turut membantu menghasilkan SDM yang berkualitas,” katanya melalui siaran pers, dikutip Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Kemenparekraf Launching SBMPTNP 2022, Angela Tanoesoedibjo Rekomendasikan Perguruan Tinggi Pariwisata

Program Studi Kedokteran Penerbangan FKUI merupakan satu-satunya di Asia. Sejak didirikan pada 2010, Program Studi Kedokteran Penerbangan FKUI telah mencetak lulusan dokter spesialis kedokteran penerbangan (Sp.KP) yang tersebar di berbagai lembaga pemerintah dan nonpemerintah.

Para dokter penerbangan ini banyak berkontribusi di Kementrian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perhubungan, TNI-AU, rumah sakit, perusahaan evakuasi medik, serta berbagai maskapai penerbangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3239 seconds (0.1#10.140)