Siswa, Ini 9 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tak Disukai

Rabu, 02 Maret 2022 - 09:04 WIB
loading...
Siswa, Ini 9 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tak Disukai
Suasana belajar di SDN 01 PG Pulau Panggang DKI Jakarta. Foto/SINDOnews/Sutikno
A A A
JAKARTA - Sebagai pelajar , pasti ada kalanya tidak suka dengan satu atau dua mata pelajaran di sekolah . Berbagai alasan pun melatarbelakangi siswa tidak suka akan mata pelajaran tersebut.

Mulai dari sulit dimengerti, terkesan membosankan untuk dipelajari, atau bahkan hanya karena kurang suka dengan cara mengajar gurunya. Memang adanya ketidaksukaan pada mata pelajaran itu terbilsang wajar.

Namun, jika ingin lulus dari sekolah dengan nilai dan prestasi yang baik maka masalah ini pun harus dicari solusinya. Jangan sampai ada satu atau mata pelajaran yang sebenarnya bisa dipelajari dengan baik namun hanya karena tidak disukai menjadi penghalang kesuksesan kalian di sekolah.

Lalu bagaimana tips jitu mempelajari mata pelajaran yang tidak disukai di sekolah? Melansir laman Ruangguru di ruangguru.com, berikut ini langkah sukses untuk mengatasi kendala tersebut.

Baca: Menangkan MIT Solve, EdTech ICANDO Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia

1. Coba berbagai macam metode belajar

Coba berbagai macam variasi metode belajar dan temukan tipe belajar yang paling cocok. Misalnya hari ini menggunakan flash card, kemudian besok dengan video belajar, lalu coba mencatat.

Selain itu, mengubah lokasi belajar pun dapat berpengaruh. Pasalnya, suasana baru akan memunculkan semangat baru. Cari lokasi yang kondusif untuk belajar, misalnya taman, museum, dan sebagainya.

2. Cari celah-nya

Bagi pelajaran yang dirasa sulit, kamu perlu mencari ‘celah’-nya. Carilah pola belajar atau mengerjakan soal dengan cara yang mudah kamu pahami. Setelah menemukan celahnya, pasti ke depannya akan terasa lebih ringan.

3. Limit your session

Kondisinya saat ini, kamu tidak suka dengan mata pelajaran tersebut. Oleh sebab itu, jangan terlalu memaksakan diri agar segera suka. Semua harus dilakukan perlahan, melalui berbagai proses jatuh dan bangun.

Dalam setiap sesi belajar, lakukan sepanjang 30 menit, lalu beri jeda, dan lanjutkan lagi 30 menit, begitu seterusnya. Jadi, tidak dipaksakan langsung 2 jam setiap sesinya.

4. Nikmati setiap prosesnya

Harus tetap mempelajari dan memahami mata pelajaran yang tidak disukai jelas kurang menyenangkan. Kamu berada dalam situasi tidak nyaman. Tapi, situasi seperti ini jugalah yang akan membawamu menjadi sosok yang lebih baik.

Maka, jangan terlalu fokus hasil akhirnya akan seperti apa. Bahkan, tidak perlu stuck terlalu lama jika memang belum ada kemajuan. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah tuntaskan belajarmu sampai selesai.

Baca juga: Pelajar, Berikut 7 Cara Mudah Belajar Matematika

5. Terimalah emosi negatif

Maksudnya? Kamu harus santai dan mencoba dalam menjalani masa-masa sulit ini. Ingat, tidak usah memaksakan diri untuk segera keluar dari emosi negatif. Semakin dipaksa, maka akan semakin sulit juga ada kemajuan. Rasakan dan nikmati setiap kesulitan yang kamu hadapi.

6. Moment of yourself

Pejamkan mata, tarik nafas dalam dengan teratur, lalu coba renungkan apa saja yang sudah dilakukan. Ingatlah kata-kata motivasi yang membangkitkan semangatmu. Lakukan tahap ini ketika kamu sedang stuck. Kamu akan merasa tenang setelahnya.

Agar proses berjalan lancar, harus selalu memulai belajar dengan pola pikir positif. Jika dari awal sudah terbentuk pikiran negatif, maka kalian akan semakin malas mulai menyukai pelajaran tersebut.

7. Coba mendengarkan musik

Di sela-sela istirahat, putarlah musik yang membangun mood untuk belajar. Kemudian, bangkit dari dudukmu, dan berjalanlah ke sekeliling ruangan. Keluar sejenak dan hiruplah udara segar. Cara ini akan merilekskan pikiranmu dan mengurangi emosi yang mengganggu.

8. Mengelus binatang

Mempelajari materi yang tidak disukai bisa memicu stres. Jika stres, maka otak pun tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Lalu, apa hubungannya dengan mengelus binatang?

Penelitian ini berasal dari hasil program membaca cepat yang diadakan sebuah perpustakaan di Ontario, Kanada. Siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) yang ditemani anjing, terbukti lebih lancar membaca. Selain itu, hal ini juga dipraktikkan oleh sejumlah mahasiswa Hukum di GMV Law School, Virginia, Amerika.

9. Belajar bersama tutor privat

Jika tidak menyukai suatu pelajaran karena konsepnya, mungkin yang dibutuhkan adalah seorang tutor seperti guru privat. Umumnya, guru privat selalu punya cara beda dari yang diajarkan di sekolah dan lebih mudah dipahami. Selain itu, guru privat hanya akan terfokus padamu untuk membimbingmu dari kebingungan sampai mengerti.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)