Mengenal Tebengin.com, Bisnis Mahasiswa IPB University

Rabu, 02 Maret 2022 - 14:42 WIB
loading...
Mengenal Tebengin.com, Bisnis Mahasiswa IPB University
Mahasiswa IPB University Muhammad Ammar Syuhada. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - Mahasiswa IPB University dikenal salah satunya karena kemampuan berwirausahanya. Contohnya adalah Muhammad Ammar Syuhada, mahasiswa IPB University dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Mahasiswa IPB University yang akrab dipanggil dengan Syuhada itu memiliki bisnis bernama Tebengin.com. Bisnis tersebut diklaim menjadi solusi bagi para mahasiswa dan masyarakat umum untuk berbagai keperluan.

Ide bisnis ini bermula dari pandemi Covid-19. Saat itu, para mahasiswa IPB University harus kembali ke kampung halamannya demi keamanan dan kesehatan. Syuhada mengaku, kala itu seorang temannya membutuhkan bantuan untuk menyalin berkas pentingnya yang tertinggal di kost.

“Sepertinya banyak mahasiswa yang memiliki kebutuhan seperti dia, namun tidak saya ketahui,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (2/3/2022).

Melalui pemikiran itu lahirlah Tebengin.com pada 19 Juni 2020. Jasa yang ditawarkan oleh Tebengin.com berupa jasa pengiriman barang dan berkas penting, penitipan motor, pengurusan administrasi perkuliahan, pemindahan barang, penyimpanan barang, dan cleaning service.

Baca: Kembangkan Kendaraan Listrik, Ditjen Diktiristek-PT INKA Berkolaborasi Melalui Kampus Merdeka

Pada saat itu, IPB University juga sedang mengadakan kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sehingga ia mendapatkan modal awal yang cukup untuk mengembangkan bisnisnya.

Syuhada menambahkan, usaha tersebut ia dirikan dengan bantuan beberapa teman yang bergabung sebagai tim. Semua anggota tim inti merupakan mahasiswa IPB University.

Namun untuk tim lapangan berasal dari universitas lain seperti Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Diponegoro, dan masyarakat umum. Tidak hanya itu, tim Tebengin.com memiliki beberapa rekanan di kampus lain untuk perekrutan tim lapangan.

Syuhada menyebutkan, selain untuk berbisnis, ia juga ingin membantu sesama mahasiswa untuk memiliki penghasilan tambahan. Pelanggan yang bermula hanya mahasiswa IPB University, kini mampu menjangkau mahasiswa dari perguruan tinggi lain dan masyarakat umum di Jabodetabek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2766 seconds (0.1#10.140)