Mahasiswa Baru Perlu Tahu, Ini Jurusan Kuliah Berdasarkan Rumpun Keilmuannya

Sabtu, 05 Maret 2022 - 12:21 WIB
loading...
Mahasiswa Baru Perlu Tahu, Ini Jurusan Kuliah Berdasarkan Rumpun Keilmuannya
Bermacam jurusan kuliah berdasarkan rumpun keilmuan. Foto/wrhsbluestreak.com
A A A
JAKARTA - Banyak hal yang mendasari mahasiswa baru dalam menetapkan pilihan di suatu jurusan . Bisa dari minat, bakat ataupun karena prospek kerjanya. Namun mahasiswa baru juga perlu tahu jurusan kuliah itu ada bermacam-macam sesuai dengan rumpun keilmuannya.

Dengan mengetahui nama-nama jurusan yang ada dan mencari tahu apa saja fokus ilmu yang akan dipelajari di jurusan tersebut, maka calon mahasiswa pasti akan semakin mantap memilih jurusan sesuai keinginan.

Nama-nama jurusan kuliah itu sejatinya mengacu pada rumpun keilmuan yang tertera pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 124/2014.

Baca: Yuk Daftar, SMUP Sarjana Jalur Mandiri dan Sarjana Terapan Unpad Telah Dibuka

Mengacu pada peraturan tersebut, rumpun atau cabang ilmu pengetahuan dan teknologi terdapat pada 6 rumpun ilmu, yaitu:

1. Rumpun Ilmu Agama
2. Rumpun Ilmu Humaniora
3. Rumpun Ilmu Sosial
4. Rumpun Ilmu Alam
5. Rumpun Ilmu Formal
6. Rumpun Ilmu Terapan

Masing-masing rumpun ilmu memiliki karakteristik, yang menaungi ilmu pengetahuan dengan ciri-ciri serupa. Berikut nama-nama jurusan di Indonesia yang dikelompokkan berdasarkan rumpun ilmunya mengutip laman Quipper di quipper.com.

1. Rumpun Ilmu Agama

Ilmu yang berada dalam rumpun ilmu ini merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji keyakinan tentang ketuhanan atau ketauhidan, termasuk mengkaji tentang teks-teks suci agama. Di Indonesia sendiri, terdapat 6 agama yang diakui, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, terdapat banyak pula program studi di pendidikan tinggi yang bisa ditemukan. Di antaranya, Dirasat Islamiyah, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadist, Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Tasawuf, dan Perbandingan Agama.

Nama-nama jurusan di rumpun ilmu agama dari agama lain seperti, Ilmu Teologi, Teologi Kependetaan, dan Pendidikan Agama Hindu.

2. Rumpun Ilmu Humaniora

Ilmu humaniora merupakan rumpun ilmu pengetahuan yang mengkaji dan mendalami nilai kemanusiaan dan pemikiran manusia, termasuk di dalamnya ilmu filsafat, linguistik, sejarah, seni, dan sastra.

Adapun nama-nama jurusan yang bisa ditemui di bidang sastra misalnya, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Cina, Sastra Belanda, Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Jawa, dan Sastra Nusantara.

Nama-nama jurusan di bidang seni misalnya, Seni Rupa, Seni Murni, Seni Tari, Seni Musik, Seni Teater, Seni Karawitan, dan Seni Pedalangan.

Nama jurusan lainnya yang masih berada dalam rumpun ilmu humaniora seperti, Ilmu Sejarah, Ilmu Linguistik, Filsafat, dan Kajian Budaya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, ITS Serahkan CoFilm+ Antivirus Coating ke RS Universitas Airlangga

3. Rumpun Ilmu Sosial

Rumpun ilmu sosial adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji dan mendalami hubungan antar manusia dan berbagai fenomena masyarakat. Terdapat banyak jurusan yang termasuk dalam rumpun ilmu ini, beberapa di antaranya adalah, Antropologi, Arkeologi, Sosiologi, Psikologi, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Ekonomi.

4. Rumpun Ilmu Alam

Rumpun ilmu alam adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji dan mendalami alam semesta selain manusia. Jika tertarik dengan bidang keilmuan ini, bisa memilih di antara jurusan berikut seperti Kimia, Fisika, Biologi, Geografi, Kelautan, Ilmu Tanah, dan Geofisika.

5. Rumpun Ilmu Formal

Rumpun ilmu formal adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji dan mendalami sistem formal teoritis, yang berhubungan dengan logika dan metodologi. Nama-nama jurusan yang termasuk dalam rumpun ilmu ini adalah Matematika, Statistika, dan Ilmu Komputer.

6. Rumpun Ilmu Terapan

Rumpun ilmu terapan adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji dan mendalami aplikasi ilmu bagi kehidupan manusia. Jurusan yang masuk rumpun ini terbilang banyak. Misalnya saja pada bidang ilmu sosial terdapat banyak jurusan yang tergolong sebagai ilmu terapan seperti Akuntansi, Administrasi, Bisnis, Manajemen, Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ilmu Perpustakaan, dan Kesejahteraan Sosial.

Lalu, pada jurusan teknik terdapat beberapa pilihan, seperti , Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Lingkungan, dan Teknik Perkapalan.

Ilmu pendidikan juga termasuk dalam ilmu terapan. Beberapa di antaranya adalah, Pendidikan Olahraga, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Luar Sekolah.

Pada bidang kesehatan juga bisa ditemui jurusan yang masuk dalam ilmu terapan seperti, Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Kedokteran Hewan, Keperawatan, Kebidanan, Gizi, Kesehatan Masyarakat, dan Kesehatan Lingkungan.

Pada ilmu pertanian, terdapat beberapa jurusan seperti, Agribisnis, Agroteknologi, Agronomi dan Hortikultura, Bioteknologi, Proteksi Tanaman, Manajemen Sumberdaya Lahan, dan Teknologi Pertanian.

Sedangkan di bidang desain dan kreatif, macam-macam jurusan yang bisa ditemui seperti, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Desain Produk, Desain Interior, Desain Grafis, Fotografi, Pariwisata, Culinary, Jasa Perjalanan Wisata, dan Perhotelan.
(nz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)