Tertarik Jadi PNS, Ini Tips dan Cara Masuk Sekolah Kedinasan STIP

Senin, 07 Maret 2022 - 12:11 WIB
loading...
Tertarik Jadi PNS, Ini Tips dan Cara Masuk Sekolah Kedinasan STIP
Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pelajar, ini beberapa tips jitu masuk Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran ( STIP ) yang terletak di daerah Cilincing, Jakarta Utara. STIP ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementrian Perhubungan.

Dulunya, STIP mempunyai nama AIP yakni Akademi Ilmu Pelayaran. STIP ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan SDM agar menjadi pelaut yang berintegritas, profesional, tanggap, dan tangguh.



Sekolah tinggi ini sangat cocok bagi kalian yang tertarik dan ingin terjun di bidang pelayaran. Ada beberapa program studi pendidikan yang disediakan, seperti Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan.

Seperti Sekolah Tinggi kedinasan pada umumnya, ketika lulus seleksi, kalian akan tinggal di asrama yang telah disediakan. Peluang kerja yang akan diperoleh ketika menjadi lulusan STIP juga luas, TNI/Polri, perwira di atas kapal asing atau domestic, Intansi Pemerintah, dan sebagainya.

Jangan salah, ternyata STIP mempunyai peminatnya sendiri yang cukup banyak loh, mengingat Sekolah Tinggi ini merupakan salah satu sekolah kedinasan yang bisa memberikan kesempatan dan keuntungan untuk prospek kerja di masa yang akan datang.



Dikutip dari bpsdm.dephub.go.id, inilah tips jitu masuk Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran yang perlu kalian ketahui.

1. Cari Informasi

Salah satu langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, mengenai sistem pendidikannya, fasilitas, syarat dan ketentuan penerimaan Mahasiswa, berbagai informasi mengenai seleksi masuk, rangkaian tes yang harus dilakukan apa saja untuk lulus STIP, dan sebagainya.

Pencarian informasi ini sangat penting untuk kalian lakukan agar tidak ketinggalan berita atau informasi yang dapat mendukung untuk lulus seleksi masuk STIP.

2. Latihan Soal

Salah satu yang harus dilewati untuk dapat masuk STIP adalah dengan lulus tes akademik. Kalian bisa mencari buku atau soal-soal mengenai tes masuk STIP. Dengan terus berlatihan mengerjakan soal kalian dapat mempunyai kesempatan untuk bisa mengerjakan soal-soal tes dengan mudah dan benar.

3. Latihan Mental dan Fisik

Ketika memutuskan untuk masuk sekolah tinggi di bawah naungan kedinasan, kalian harus sudah siap bahwa mental dan fisik kalian juga akan diuji. Oleh karena itu, kalian bisa berlatih mental dan fisik sebelum memutuskan untuk daftar STIP.

Sekolah pelayaran ini berbasis militer, jadi mental dan fisik yang kuat sangat diperlukan. Kalian bisa memulainya dengan olahraga secara rutin, dan melatih berbagai sikap disiplin.

4. Teliti dan Optimistis

Ketelitian dan optimistis menjadi faktor pendukungmu untuk bisa lulus STIP. Jangan sampai kurang teliti seperti lupa dengan penginputan berbagai berkas dokumen administrasi, dan sebagainya.

Ikuti berbagai rangkaian tes dengan tenang, mulai dari seleksi administrasi, tes akademik, tes kesehatan, tes wawancara, dan sebagainya. Kalian juga perlu optimis, yakin bahwa usahamu akan membuahkan hasil dan dapat bersaing dengan pendaftar yang lainnya.

5. Sertifikat Prestasi

Jika kalian pernah mengikuti berbagai kegiatan berprestasi, sertifikat yang kalian peroleh bisa dicantumkan pada saat seleksi. Hal ini biasanya dapat menjadi nilai plus untuk dapat diterima karena mempunyai pengalaman yang baik.

6. Jujur, dan Terus Berdoa

Jujur dan terus berdoa, dua hal yang kerap kali diabaikan. Jujur merupakan salah satu sikap penting yang harus ditanamkan dan diterapkan dalam mengikuti sebelum penyeleksian, dengan jujur dapat dipercaya dan mempunyai kualitas diri. Jangan lupa untuk berdoa dan yakin bahwa kalian akan memperoleh hasil yang terbaik.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2726 seconds (0.1#10.140)