10 Menteri Jokowi Lulusan Amerika, Nomor 5 Dijuluki Bapak Infrastruktur

Selasa, 08 Maret 2022 - 12:33 WIB
loading...
10 Menteri Jokowi Lulusan Amerika, Nomor 5 Dijuluki Bapak Infrastruktur
Suasana pelantikan 6 menteri dan 5 wamen oleh Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin di Istana Negara pada Desember 2020 lalu. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo tercatat sebagai lulusan dari sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat. Cek siapa saja mereka dan juga perguruan tinggi yang jadi pilihan studinya.

Indonesia memiliki banyak tokoh-tokoh hebat. Perjalanan kariernya bisa ditelisik mulai dari perjuangan mereka menempuh pendidikan tinggi. Tidak terkecuali para menteri yang membantu Presiden Jokowi di pemerintahan banyak yang merupakan lulusan perguruan tinggi luar negeri. Mulai dari Inggris hingga Amerika serikat.

Berikut ini sejumlah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Amerika Serikat yang dirangkum dari laman kementerian masing-masing.

1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Melansir laman Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut mengikuti pendidikan di George Washington University, Washington, D.C, Amerika Serikat untuk meraih gelar Masters in Public Administration. Luhut juga pernah menempuh pendidikan di National Defense University, Amerika Serikat.

Baca: Masih Pandemi, DPR Harap Kemendikbudristek Beri Keleluasaan Soal Kurikulum

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Melansir laman Kemenkeu, setelah memperoleh gelar sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini melanjutkan pendidikannya di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics pada 1990. Setelah itu ia mendapatkan gelar Ph.D. in Economics pada 1992.

3. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

Melansir laman Kementerian BUMN, Erick yang lahir pada 30 Mei 1970 ini meraih Bachelor or Arts dari Glendale University pada 1991. Selanjutnya, Erick menyelesaikan gelar Master of Business Administration dari National University of California pada 1993.

4. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly

Dilansir dari laman Kemenkumham, Yasonna yang merupakan alumni S1 Hukum Universitas Sumatera Utara ini menempuh pendidikan S2 Sosiologi di Virginia Commonwealth University (VCU). Ia juga menempuh pendidikan Internship in Higher Education Administration Roanoke College, Salem Virginia, Amerika Serikat. Kemudian ia juga menempuh studi S3 Criminology di North Carolina State University (NCSU) pada 1996.

5. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Menteri kelahiran Surakarta, 1954 ini pada laman Kementerian PUPR tercatat menempuh studi Master of Science, Civil Engineering di Colorado State University, Amerika Serikat pada 1989. Kemudian, dia melanjutkan studi Doctor of Philosophy, Civil Engineering juga di Colorado State University pada 1992

6. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil

Mantan Menko Bidang Perekonomian ini pada laman Kementerian ATR/BPN tertulis memperoleh Ph.D dalam bidang International Financial and Capital Market Law and Policy dari the Fletcher School of Law and Diplomacy–Tufts University (1993), setelah menyelesaikan Master of Arts in Law and Diplomacy – MALD (1991) dan Master of Arts in Public Policy dari universitas yang sama pada 1989.

Baca juga: IPB University Gandeng KPK Bangun Budaya Anti Korupsi Lewat Pendidikan

7. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim

Melansir laman Kemendikbudristek, mantan petinggi Gojek ini menempuh studi S1 jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat (AS). Kemudian dia melanjutkan ke jenjang S2 Master of Business Administration di Harvard Business School juga di Amerika Serikat.

8. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

Laman Kemenparekraf mencatat, Sandiaga Uno meraih gelar akademik Bachelor of Business Administration dari The Wichita State University, Amerika Serikat, dan lulus dengan predikat Summa Cum Laude. Selanjutnya, dia meraih gelar Master of Business Administration dari The George Washington University, Amerika Serikat.

9. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Melansir laman Kemendag, mantan duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat ini mengambil studi Ekonomi di Purdue University, West Lafayette, Indiana, Amerika Serikat.

10. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Melansir dari laman Kemenperin, Agus Gumiwang menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Bachelor of Science Commercial and Industrial Economic dari Pacific Western University pada 1994.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)