Jadi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Ini Kompetensi yang Harus Dikuasai Lulusannya

Selasa, 08 Maret 2022 - 18:31 WIB
loading...
Jadi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Ini Kompetensi yang Harus Dikuasai Lulusannya
Ilustrasi mahasiswa kuliah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mahasiswa program studi kesehatan masyarakat (kesmas) memiliki beberapa kompetensi yang harus dikuasai sebelum lulus dari bangku perkuliahan. Salah satunya adalah keterampilan manajerial.

Hal itu disampaikan Wakil Direktur Administrasi SDI dan AIK Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan Rahmad Pua Geno dalam kuliah tamu yang diadakan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair).

Baca: Hari Perempuan Internasional, Kenali 5 Sastrawan Perempuan Indonesia yang Telah Mendunia

Rahmad menuturkan, kesehatan masyarakat membutuhkan keterampilan manajerial. Ia menggambarkan peran manajemen seperti paku panjang.

“Pada bagian pangkal itu leadership yang berarti berubah dalam keteraturan. Hal ini digunakan untuk inisiasi bisnis, inisiasi perubahan, dan memimpin perubahan,” ucapnya melansir laman Unair, Selasa (8/3/2022).

“Di samping itu terdapat kemampuan tambahan yakni membaca trend-watching, merumuskan visi, dan mengatur perubahan,” tambahnya.

Selain Rahmad, hadir pula Senior Program Officer for Health Learning Platform CISDI Leli Rachmawati. Leli menjelaskan, selain kepemimpinan, berpikir sistem atau system thinking juga harus dikuasai lulusan kesehatan masyarakat.

Hal itu sesuai dengan tujuan program kesehatan masyarakat yakni mencegah penyakit, memperpanjang usia harapan hidup, serta mempromosikan kesehatan melalui upaya-upaya yang terorganisasi di masyarakat.

Baca juga: 10 Tips Sukses Magang, Siapkan CV Sampai Pakaian yang Sesuai

“Karena yang ditangani itu kesehatan masyarakat yang mana hal itu kompleks. Maka diperlukan kemampuan berpikir sistem dan melihat sesuatu secara luas. Dengan demikian, lulusan kesehatan masyarakat harus memiliki kompetensi kepemimpinan dan berpikir sistem,” ungkap Leli.

Yang tidak kalah penting, lanjut Leli, lulusan kesmas harus tetap belajar dan terus update terhadap perubahan. Hal itu agar kompetensi yang dimiliki dapat digunakan di masa kini dan masa mendatang.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)