Mahasiswi UNY Ini Lulus Sarjana Tanpa Skripsi, Simak Kisahnya

Sabtu, 12 Maret 2022 - 18:36 WIB
loading...
Mahasiswi UNY Ini Lulus Sarjana Tanpa Skripsi, Simak Kisahnya
Mahasiswi UNY Athi Nur Auliati Rahmah. Foto/Tangkap layar laman UNY
A A A
JAKARTA - Pada umumnya seorang mahasiswa lulus atau diwisuda dari perguruan tinggi dengan membuat skripsi . Namun hal itu tidak berlaku untuk salah satu mahasiswi dari Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) ini.

Mahasiswi tersebut adalah Athi' Nur Auliati Rahmah. Athi', begitu sapaan akrabnya, adalah sarjana pendidikan fisika yang lulus dengan predikat cumlaude 3,4 tahun dengan bebas skripsi melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Berhasilnya Athi' diwisuda tanpa menulis skripsi diawali pada 2021 lalu dimana dia dianugerahi medali emas di ajang Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) divisi poster digital yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek.

Baca juga: Fantastis, Kisaran Gaji Lulusan Teknik Biomedis Bisa Capai Rp715 Juta per Tahun

"Di kemudian hari, prestasi ini diapresiasi kampus saya UNY sebagai RPL, sehingga aku bisa wisuda tanpa skripsi," tutur Athi' yang juga Mapres 1 Sarjana UNY 2021 melansir laman resmi UNY, Sabtu (12/3/2022).

Medali emas LIDM pun tidak menghentikan dirinya untuk terus mendulang berprestasi. Sambil menunggu proses konversi skripsi dari pelaporan LIDM, Athi' kembali mendapat Juara 1 Talent Challenge dalam acara Persembahan Puncak Prestasi Talenta Indonesia akhir tahun 2021 yang juga diselenggarakan oleh Puspresnas.

Karya desain poster itu pun dia langsung kirim dalam ajang LIDM yang mengusung topik kesetaraan gender dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek.

Baca juga: Kisah Menarik Mahasiswi Kembar ITERA yang Sukses Terbitkan 11 Novel

Karya ini digubah dari artikel ilmiah yang sebelumnya dia susun dari pengabdian program Kampus Mengajar Angkatan 1 di pelosok Madura yang diselenggarakan Kampus Mengajar, salah satu program MBKM Kemendikbudristek.

Atas prestasinya itu, Athi' mengucapkan terima kasih kepada dosen, tenaga pendidik, birokrasi, dan civitas akademik yang telah memfasilitasinya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebab dari para dosen dan peran penting semua pihak di kampusnya tersebut, dia pun telah mendapat berbagai ilmu dan pengalaman berharga untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2964 seconds (0.1#10.140)