Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Monitoring Konsumsi Daya Listrik Berbasis loT

Minggu, 13 Maret 2022 - 12:07 WIB
loading...
Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Monitoring Konsumsi Daya Listrik Berbasis loT
Prototipe alat monitoring konsumsi daya listrik babasis IOT buatan mahasiswa UNY. Foto/Dok/Humas UNY
A A A
JAKARTA - Penghitungan pemakaian listrik sebagai dasar untuk pembayaran tagihan tiap bulan dapat diketaui di kWh meter, baik yang analog maupun digital. Dari kWh meter tersebut diketahui berapa jumlahnya yang dipakai. Pemakaiannya sedikit pembayarannya juga kecil, sebaliknya pemakainnya banyak pembayaannya juga besar.

Namun, konsumen jarang atau bahkan tidak pernah mengecek berapa pengunaan per harinya. Mereka hanya langsung mendapatkan berapa tagihan yang harus dibayar tiap bulan. Padahal dengan mengetahui pemakaian tiap harinya selain bisa mengontrol agar penggunaannya tidak terlalu banyak juga menghemat konsumsi listrik.



Untuk itu, tiga mahasiswa Universits Negeri Yogyakarta ( UNY ) membuat inovasi alat monitoring konsumsi daya listrik berbasis internet of thing (IoT). Alat tersebut dapat memonitor penggunaan daya listrik secara otomatis, sehingga konsumen dapat mengatahui berapa konsumsi hari itu.

Tiga mahasiswa UNY itu, yakni Oktania Hasna Sulistiyaningrum (prodi pendidikan teknik elektro), Patriya Rusdi Pratama (prodi pendidikan teknik mekatronika) dan Dafa Zenita Qotrunnada (prodi pendidikan teknik informatika).

“Alat ini diharapkan dapat berguna untuk penghematan energi listrik di Indonesia dan menyelamatkan bumi” kata Oktania Hasna Sulistiyaningrum dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/3/2022).



Ia mengatakan, alat tersebut menggunakan mikrokontroler arduino uno sebagai otak pengendali. Arduino uno diprogram untuk mengeluarkan nilai tarif daya tiap jam lalu tiap pukul 00:00 diupload ke web.

“Alat ini dapat melaporkan konsumsi daya pada hari itu juga dan konsumen dapat melihat langsung melalui web yang hanya dapat login oleh konsumen saja,” jelasnya.

Patriya Rusdi Pratama menambahkan alat yang dibutuhkan adalah Sensor Arus ACS712, Sensor Tegangan AC ZMPT101B, Modul Relay, Wemos D1 Mini, LCD dan Arduino Uno.

Cara kerjanya, alat membaca sensor arus dan tegangan, kemudian data sensor diolah lalu masuk pengendalian modul relay. Kemudian data dikirim dari Arduino uno ke Wemos D1 Mini dan diolah kembali untuk diunggah di internet dan ditampilkan pada layar LCD.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)