Calon Mahasiswa, Yuk Kenalan dengan Jurusan Teknik Metalurgi dan Prospek Kerjanya

Jum'at, 18 Maret 2022 - 08:54 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Yuk Kenalan dengan Jurusan Teknik Metalurgi dan Prospek Kerjanya
Informasi jurusan teknik metalurgi. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Sebagian orang mungkin belum terlalu mengenal jurusan Teknik Metalurgi. Padahal, jurusan teknik yang satu ini banyak manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari dan juga memiliki prospek kerja yang luas untuk berbagai sektor industri .

Diambil dari Bahasa Yunani, istilah metalurgi memiliki arti proses ekstraksi logam dari mineral. Seiring berjalannya waktu, metalurgi hanya berkaitan dengan ekstraksi logam serta produksi logam, pengerjaan dan pengolahan logam, hingga logam bisa digunakan.

Jurusan ini masuk dalam bidang ilmu keteknikan yang khusus mendalami proses pengolahan mineral, proses ekstraksi serta pembuatan paduan logam, penguatan logam, degradasi logam, juga mempelajari hubungan sifat mekanik logam dengan strukturnya. Intinya, prodi ini mempelajari sifat-sifat kimia yang ada di dalam logam.

Baca: Dosen Kedokteran UGM Beberkan Bahayanya Sering Gunakan Obat Kumur

Meski kurang populer, hampir setiap universitas terkemuka memiliki jurusan ini. Pada beberapa universitas terkenal di Indonesia, Teknik Metalurgi digabung dengan Teknik Material dan menjadi satu jurusan. Namun, ada juga yang memisahkan kedua jurusan tadi dan berdiri sendiri.

Sejumlah perguruan tinggi yang membuka jurusan Teknik Metalurgi ini di antaranya:

1. Universitas Indonesia
2. Institut Teknologi Bandung
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
4. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
5. UPN Veteran Yogyakarta

Lalu mengapa calon mahasiswa harus memilih jurusan Teknik Metalurgi? Dikutip dari laman Quipper Campus, sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknik Metalurgi. Berikut ini alasannya:

1. Teknik Metalurgi termasuk jurusan yang eksklusif karena di Indonesia hanya ada di beberapa universitas saja. Meski jumlahnya sedikit, tetapi yang menyediakan jurusan ini adalah universitas ternama dan terkenal di Indonesia, bahkan bisa dikatakan merupakan universitas terbaik.

2. Peluang untuk masuk dan diterima di jurusan ini cukup besar karena peminatnya masih sedikit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)