Mobil Listrik UNY Siap Berlaga di FESC IIMS 2022, Intip Spesifikasinya

Jum'at, 18 Maret 2022 - 19:42 WIB
loading...
Mobil Listrik UNY Siap Berlaga di FESC IIMS 2022, Intip Spesifikasinya
Mobil listrik UNY. Foto/Tangkap layar laman UNY
A A A
JAKARTA - Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) ikut serta dalam ajang Formula Electric Student Competition Indonesia International Motor Show (FESC IIMS ) 2022 awal April mendatang. Ajang tersebut menuntut mahasiswa membuat mobil dengan konsep formula electric.

Pengembangan mobil formula electric memiliki banyak tantangan tidak hanya pada aspek efisiensi. Namun juga harus mampu melaju dengan cepat tanpa melupakan aspek keamanan sekaligus ramah lingkungan.

UNY mengembangkan Garuda Electric Vehicle-22 atau Garuda EV-22 untuk kegiatan ini. Mobil ini merupakan mobil balap bertenaga listrik untuk masa depan yang berdesain menarik seperti mobil formula one, memiliki sistem keamanan tingkat tinggi, ergonomis, mudah dikontrol, ramah lingkungan, dan powerfull.

Menurut Manager Tim Kesit Bayu Purnomo, keamanan dan kenyamanan merupakan faktor penting dalam sebuah mobil balap. “Garuda EV-22 dilengkapi 5-point seatbelt untuk memastikan keamanan pengemudi di track. Selain itu, pada sistem kelistrikan digunakan catu daya HVTS dan LVIS untuk memastikan setiap komponen mendapatkan tegangan sesuai kapasitasnya,” katanya mengutip laman resmi UNY, Jumat (18/3/2022).

Baca: Ubhara Jaya Dirikan Rumah KI sebagai Wadah Inovasi dan Kreativitas Civitas Akademika

Untuk memastikan kenyamanan pengemudi, kendaraan dirancang dengan ergonomic driver seat. Adjustable pedal box dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan sesuai kondisi fisik pengemudi. Mahasiswa prodi pendidikan teknik otomotif itu menjelaskan, Garuda EV-22 juga dilengkapi dengan steering wheel yang memiliki sudut dengan mempertimbangkan aspek ergonomi untuk mengurangi beban steering.

Berbeda dengan mobil gokart pada umumnya, Garuda EV-22 telah dilengkapi dengan suspensi tipe double wishbone sehingga getaran dan kejutan yang dihasilkan sangat minim.

Suspensi juga dirancang untuk memaksimalkan traksi ban pada permukaan jalan. Selain itu kendaraan juga dilengkapi dengan controller untuk mengatur output daya motor listrik sesuai kebutuhan pengemudi.

Dosen pembimbing tim Garuda UNY I Wayan Adiyasa memaparkan, mobil ini ramah lingkungan dan powerfull karena menggunakan baterai dengan kapasitas 72 V/64 Ah dan dapat menempuh jarak hingga 50 km.

“Untuk mencegah terjadinya overheat, casing pada battery pack dirancang dengan memaksimalkan sistem air cooling dengan material aluminium untuk mempercepat perpindahan panasnya,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)