Seleksi Fasilitator Program Sekolah Penggerak Dibuka, Seperti Ini Tugasnya

Kamis, 24 Maret 2022 - 12:35 WIB
loading...
Seleksi Fasilitator Program Sekolah Penggerak Dibuka, Seperti Ini Tugasnya
Ilustrasi guru mengajar. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran seleksi calon fasilitator program Sekolah Penggerak angkatan ketiga kembali dibuka. Melalui langkah ini, Kemendikbudristek berupaya menciptakan fasilitator yang mampu menjadi penghubung kerja sama yang baik antar seluruh warga sekolah.

“Fasilitator berperan sebagai pendamping dan pendukung kepala sekolah , guru/pendidik, dan pengawas sekolah/penilik, untuk mewujudkan tujuan dari program ini sendiri, yaitu sekolah yang berpusat pada murid,” ucap Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Praptono melalui siaran pers, Kamis (24/3/2022).

Fasilitator Program Sekolah Penggerak angkatan 3 merupakan bentuk dukungan bagi pelaksanaan program Sekolah Penggerak yang diluncurkan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada Februari tahun lalu.

Program Sekolah Penggerak merupakan upaya transformasi sekolah yang berfokus pada pengembangan kompetensi SDM mulai dari siswa, guru, sampai kepala sekolah. Dengan SDM yang kompeten, harapannya dapat tercipta lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan di sekolah.

Baca: Seleksi Fasilitator Program Sekolah Penggerak Angkatan Ketiga Dibuka, Cek Kriterianya

Secara garis besar lanjut dia, fasilitator adalah barisan perubahan untuk mentransformasi pendidikan Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Dalam pelaksanaan program, para fasilitator Program Sekolah Penggerak akan mendampingi tiga sampai lima sekolah dalam satu kabupaten, selama minimal satu tahun.

“Fasilitator juga akan bertugas mendorong dan membuka kemungkinan-kemungkinan kolaborasi atau gotong-royong antar seluruh ekosistem pendidikan sekolah dan pemangku kepentingan di kabupaten. Selain itu, fasilitator dalam menjalankan fungsi dan tugas mereka juga akan berkesempatan belajar dan berbagi bersama pengawas, kepala sekolah, dan guru di daerah sasaran program,” terang dia.

Praptono mengatakan, selain pengembangan kompetensi dan membuka kemungkinan kerja-kerja gotong-royong ekosistem pendidikan, fasilitator nantinya juga akan menjalankan fungsi pengawasan. “Para fasilitator ini nantinya saat bertugas juga akan melakukan pengawasan kemajuan pembelajaran kepala sekolah, pengawas sekolah atau penilik, guru atau pendidik,” jelasnya.

Praptono menambahkan, Program Sekolah Penggerak merupakan upaya transformasi dari hulu ke hilir ekosistem pendidikan. “Program ini fokus pada pengembangan SDM dan membuka peluang untuk menggerakkan ekosistem tersebut, penghubung kolaborasi, melakukan kerja gotong-royong untuk kemajuan pendidikan di Indonesia,” tutup Praptono.

Ericka Darmawan selaku fasilitator Program Sekolah Penggerak angkatan pertama tahun 2021-2022 yang bertugas di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyampaikan tugas utama fasilitator yaitu mampu membuka peluang kerja kolaborasi dan mendampingi sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka serta menginformasikan paradigma baru dunia pendidikan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2252 seconds (10.177#12.26)