Kisah Tiara, Wisudawan Termuda ITS Lulus di Usia 19 Tahun

Sabtu, 26 Maret 2022 - 08:29 WIB
loading...
Kisah Tiara, Wisudawan Termuda ITS Lulus di Usia 19 Tahun
Mahasiswi ITS Tiaranisa’i Fadhilla. Foto/Dok/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Belum genap berusia 20 tahun, tetapi salah satu mahasiswi Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) telah berhasil menyelesaikan studi sarjananya. Tiaranisa’i Fadhilla pun dinobatkan menjadi wisudawan termuda yang berhasil menyandang gelar sarjana di usia 19 tahun 3 bulan.

Mahasiswi dari Departemen Statistika, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ITS akan menjadi salah satu mahasiswa yang akan menjalani upacara Wisuda ITS ke-125, pada 26 – 27 Maret 2022.

Langkah gadis yang akrab disapa Tiara ini dapat lulus sarjana di usia cukup belia karena awal mengenyam bangku pendidikannya sudah dimulai lebih dini. Pada umur 3,5 tahun ia sudah terdaftar di sekolah Taman Kanak-kanak (TK), lalu saat usia 5,5 tahun langsung mengenyam bangku pendidikan dasar di SD Sukorame 1 Kediri.

Baca juga: Kemendikbudristek Buka Beasiswa untuk Guru PAUD dan SD ke Monash University, Australia

Wisudawan asal Kediri ini bercerita, ketika melanjutkan jenjang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai mencicipi program akselerasi yang ditawarkan. Dengan sistem program 4 Sistem Kredit Semester (SKS), ia memersingkat waktu belajar yang mulanya tiga tahun menjadi dua tahun.

Tiara pun sempat merasa apa yang dilaluinya mempunyai ritme yang lebih cepat daripada teman-teman lainnya. “Karena saya ambil program tersebut, jadi kurang bisa mengeksplor maksimal kegiatan di luar akademik, tapi untungnya waktu itu saya sempat ikut (kegiatan) jurnalistik,” tutur alumnus SMPN 4 Kediri melalui siaran pers, Sabtu (26/3/2022).

Berbekal pengalaman semasa SMP, Tiara tak kapok untuk mengambil program percepatan kembali. Kala itu SMA 2 Kediri membuka program serupa dan dari hasil tes dan gadis berhijab ini pun lolos dan berhasil lulus SMA di tahun 2018.

Tidak seperti sebelumnya, Tiara waktu itu sempat menikmati masa berharganya di SMA. Pasalnya, ia dapat aktif mengikuti ekstrakurikuler yang diinginkan karena dirinya termasuk yang telah memenuhi kualifikasi di program tersebut. Tiara mengungkapkan jika sempat ikut pramuka yang kegiatannya cukup padat. Menurutnya, semua bisa dinikmati asalkan bisa membagi waktu dengan seimbang.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Tips Lolos UTBK-SBMPTN Jurusan Soshum

“Karena walau momen emas di SMA saya cepat bukan berarti saya tidak bisa merasakannya dengan teman-teman yang lain, dan di lain hal tentu akademik tetap menjadi nomor satu,” tegas gadis kelahiran 1 Desember 2002 ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3718 seconds (0.1#10.140)