Asah Skill Penulisan, Begini Keseruan Studium Generale FLP Jakarta 2022

Minggu, 27 Maret 2022 - 16:26 WIB
loading...
Asah Skill Penulisan, Begini Keseruan Studium Generale FLP Jakarta 2022
Forum Lingkar Pena (FLP) Jakarta kembali menggelar Studium Generale menyambut siswa baru angkatan 24. Foto
A A A
JAKARTA - Forum Lingkar Pena (FLP) Jakarta kembali menggelar Studium Generale menyambut anggota baru angkatan 24. Acara yang digelar secara daring ini dilaksanakan pada Minggu (27/3/2022). Tema yang dihadirkan dalam Studium Generale FLP Jakarta yakni, The Power of Writing: Menulis Sebagai Terapi di Tengah Pandemi.

Ketua FLP Cabang Jakarta, Muhammad Khairur Rasyid mengatakan Studium Generale ini merupakan prosesi yang menjadi tradisi bagi para calon anggota FLP Jakarta. Nantinya, selain mendapatkan materi terkait kepenulisan mereka pun akan mengenal lebih jauh tentang FLP Jakarta.

Baca juga: Kemendikbudristek: Semua Siswa Bisa Kuliah dengan KIP Kuliah Merdeka, Termasuk di PTS

“Saya ucapkan selamat datang bagi para calon pramuda FLP Jakarta, terima kasih telah memilih FLP Jakarta untuk mengembangkan skill kepenulisan kalian, FLP Jakarta sangat terbuka bagi siapa pun untuk menelurkan karya literasi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, pembicara dalam Studium Generale kali ini, Boim Lebon memberikan semangat kepada seluruh calon anggota dan peserta Studium Generale untuk terus membuat karya yang baik dan bertanggung jawab sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

“Karya penulis yang baik ialah karya yang bebas dari pornografi, kekerasan dan menyinggung SARA, walaupun banyak yang menganggap karya literasi yang baik itu tidak digandrungi masyarakat, namun sama-sama kita tahu, ibarat makanan halal dan tidak halal, lebih banyak masyarakat yang menyukai dan mencari makanan halal ketimbang yang tidak halal,” terangnya.

Baca juga: Dorong Kemajuan Kebudayaan, Nadiem-Sri Mulyani Luncurkan Sistem Dana Indonesiana

Untuk itu, lanjut Boim seorang penulis harus peka dengan keadaan atau hal-hal yang dialaminya saat ini. Karena tulisan adalah suatu kejujuran yang dibuat karya oleh penulis, sehingga sebuah karya yang jujur maka akan menghasilkan karya yang berkualitas.

"Saya harap kalian mampu memaksimalkan karya kalian dengan peka terhadap keadaan sekitar, entah kalian itu sedang nongkrong, sedang main, sedang makan-makan atau bahkan sedang jatuh cinta, itulah kesemptan seorang penulis untuk menghasilkan karya,”tutupnya.

Acara studium Generale FLP Jakarta dihadiri oleh hampir 40 peserta, yang merupakan senior , anggota, maupun perwakilan wilayah dari berbagai cabang. Setelah studium Generale ini, para calon anggota FLP akan mengikuti sejumlah kelas yang diisi oleh mentor dari FLP Jakarta
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2514 seconds (11.252#12.26)