Calon Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keolahragaan

Kamis, 31 Maret 2022 - 14:43 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keolahragaan
Prospek kerja lulusan ilmu keolahragaan yang perlu mahasiswa tahu. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Ilmu Keolahragaan mungkin masih belum sepopuler jurusankuliah lain yang selalu tinggi peminatnya di penerimaan mahasiswa baru. Namun jurusan ilmu keolahragaan ini ternyata memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan bagi lulusannya.

Terutama bagi pecinta olahraga, jurusan ini pasti menjadi minat utama bagi mereka untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Terlebih memilih jurusan yang sesuai passion pasti akan memberi semangat lebih bagi mahasiswa untuk mendapat hasil yang baik.

Jurusan ini pun sudah tersedia di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Baik perguruan tinggi negeri maupun juga perguruan tinggi swasta. Tidak hanya untuk jenjang sarjana (S1) namun jurusan Ilmu Keolahragaan juga tersedia untuk jenjang S2 dan juga S3.

Baca: 5 Langkah Jitu Buatmu Yang Tak Lulus SNMPTN 2022

Dikutip dari laman UNNES, mahasiswa yang kuliah Ilmu Keolahragaan di UNNES akan memperoleh gelar Sarjana Sains (S.Si). Lulusan Ilmu Keolahragaan juga dibekali keterampilan pengelolaan olahraga permainan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, olahraga amatir, olahraga penyandang cacat, olahraga kesehatan dan kebugaran serta industri olahraga.

Melansir dari laman Akupintar, berikut daftar perguruan tinggi yang membuka jurusan ilmu keolahragaan di Indonesia.

1. Universitas Cenderawasih
2. Universitas Negeri Manado
3. Universitas Negeri Padang
4. Universitas Mercu Buana Yogyakarta
5. Universitas Negeri Malang
6. Universitas Negeri Medan
7. Universitas Negeri Semarang
8. Universitas Pendidikan Indonesia
9. Universitas Negeri Jakarta
10. Universitas Negeri Makassar
11. Universitas Negeri Surabaya
12. Universitas Negeri Yogyakarta
13. Universitas Sebelas Maret
14. Universitas Udayana
15. Universitas Pendidikan Ganesha
16. Universitas Singaperbangsa
17. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
18. Universitas Halu Oleo
19. Universitas Ngudi Waluyo

Baca juga: 1.425 Peserta Lolos SNMPTN Unair, Rektor Minta Segera Daftar Ulang

Lalu apakah mahasiswa ilmu keolahragaan ini memiliki peluang kerja yang luas setelah lulus kuliah nanti? Laman resmi UNNES menyebutkan, program studi ilmu keolahrgaan UNNES telah menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang dapat diandalkan di dunia kerja. Telah banyak lulusan yang sukses meniti karir di bidang keolahragaan baik sebagai Pegawai Negeri Sipil (Dinas Pemuda dan Olahraga) maupun di sektor swasta.

Kelebihan lulusan prodi ilmu keolahragaan adalah dimilikinya kompetensi yang dapat diperluas. Sebagai sarjana keolahragaan dengan status non kependidikan, lulusan prodi memiliki potensi yang cukup besar untuk dapat menjadi tenaga pendidik pada mata pelajaran yang linier (Penjasorkes) melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Perluasan kompetensi juga dilakukan melalui program Gelar Ganda kerjasama antara Prodi Ilmu Keolahragaan dengan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) yang difasilitasi oleh UNNES. Selain itu, lulusan juga dapat meniti karir dalam kedinasan TNI/Polri dan dinas lain yang terkait dengan kompetensi lulusan serta menjadi tenaga keolahragaan pada lembaga keolahragaan non pemerintah.

Lulusan ilmu keolahragaan juga bisa meniti karier menjadi konsultan atau insruktur kebugaran di berbagai sports center yang kini banyak berdiri di kota-kota besar di Indonesia. Selain itu mereka juga bisa menjadi tenaga kesehatan non-medis bidang keolahragaan.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3006 seconds (0.1#10.140)